Pengepul Kulit Hewan Kurban di Bojonegoro Raup Cuan Fantastis

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 18 Jun 2024 14:33 WIB

Pengepul Kulit Hewan Kurban di Bojonegoro Raup Cuan Fantastis

i

Pengepul kulit hewan kurban di momen Hari Raya Idul Adha. SP/  BJN

SURABAYAPAGI.com, Bojonegoro - Selama Hari Raya Idul Adha, menjadi berkah yang berujung cuan fantastis bagi para pengepul kulit hewan kurban Desa Kauman Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro.

Seperti yang dialami Paryono, pada hari pertama Idul Adha 1445 Hijriah ini, pihaknya bisa mengumpulkan kulit sapi mencapai 8 ton dan ribuan kulit kambing. Biasanya, hingga H-7 Hari Raya Kurban, jumlah warga yang menjual kulit hewan masih terus berdatangan. 

Baca Juga: Pasar Kota Bojonegoro Diserbu Pengunjung, Seragam Sekolah Laris Manis

“Biasanya kalau Idul Adha seperti ini bisa membeli sampai 3.000 kulit kambing dan 8 ton kulit sapi,” ujar Paryono, Selasa (18/06/2024).

Baca Juga: Masuki Musim Kemarau, Petani di Bojonegoro Mulai Tanam Tembakau

Sedangkan untuk kulit kambing, ia bandrol dengan harga Rp 35 ribu per lembar, kemudian kambing Jawa Rp 20 ribu per lembar, kulit domba dengan harga Rp 40 ribu per lembar, sedangkan untuk kulit sapi dihargai Rp 7 ribu per kilogram.

Nantinya, kulit-kulit hewan kurban itu di cek terlebih dahulu apakah ada yang berlubang atau tidak. Setelah dicek kulit hewan kurban itu, kemudian ditumpuk dan ditaburi garam agar tidak membusuk.

Baca Juga: HIPMI Bojonegoro Fokus Tingkatkan Ekonomi Kreatif

Hasil dari pembelian kulit hewan kurban ini, nantinya akan dikirim ke pabrik di daerah Kabupaten Blora Jawa Tengah sebagai bahan tas, sepatu dan tekstil. Sedangkan diprediksi untuk penjualan kulit ini akan masih terus terjadi hingga H+7 Idul Adha. bjn-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU