Bangkitkan Wisata Sport Tourism, Disbudpar Jatim Gelar Wisata Mancing

author Riko Abdiono

- Pewarta

Selasa, 18 Jun 2024 19:28 WIB

Bangkitkan Wisata Sport Tourism, Disbudpar Jatim Gelar Wisata Mancing

i

Bangkitkan Wisata Sport Tourism, Disbudpar Jatim Gelar Wisata Mancing Sidoarjo - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menunjukkan kontribusinya dalam Sport Tourism. Seperti diketahui, beberapa tahun terakhir sport tourism semakin berkembang pesat. Bahkan menja

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menunjukkan kontribusinya dalam Sport Tourism. Seperti diketahui, beberapa tahun terakhir sport tourism semakin berkembang pesat. Bahkan menjadi salah satu tren dalam penggerak sektor Pariwisata di Indonesia. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Evy Afianasari mengatakan, saat ini Indonesia dianggap sebagai ikon sport tourism dunia Berkat keindahan alam dan budaya yang dimiliki negara kita tercinta. Sesuai dengan namanya, Sport tourism adalah wisata yang dikombinasikan dengan olahraga. “Di Jawa Timur juga tidak ketinggalan, kami melakukan beragam Sport Tourism, salah satunya melalui Olahraga Mancing yang digelar di Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo,” ujar Evy, di Sidoarjo 1/6/2024.

Baca Juga: Event Sport Tourism Dongkrak Pariwisata Kota Batu Semakin Eksis

Ia menjelaskan, dalam kesepakatan dunia melalui United Nations Worlds Tourism Organization (UNWTO) menjelaskan, sport tourism adalah sektor wisata yang pertumbuhan nya paling cepat. Karena semakin banyak wisatawan yang tertarik pada aktivitas olahraga. Ditambah lagi, sport tourism termasuk tren Pariwisata yang memiliki pasar cukup besar. “Salah satunya adalah Fishing atau kegiatan memancing merupakan aktivitas sport tourism yang menyenangkan dan selalu diikuti banyak orang,” sebut Evy yang selalu tampil energik ini.

Menurutnya, kegiatan penguatan destinasi melalui inovasi produk daya tarik wisata Mancing merupakan salah satu upaya meningkatkan dan mengembangkan daya tarik wisata bahari. Baik yang melakukan pada lokasi mancing dilaut maupun di kolam buatan. Ikut serta mendorong tumbuh kembangnya paket-paket wisata mancing di Jawa Timur. 

Beberapa daerah di Jawa Timur memiliki Potensi laut dan mangrove yang luar biasa baik sebagai bagian konservasi juga dapat dikembangkan menjadi bagian dari sport tourism baik surfing, jet ski, fishing/mancing maupun thriathlon (serangkatan cabang olahraga renang, balap sepeda dan lari) yang merupakan bagian dari sport tourism. 

Baca Juga: Gaya Hidup Baru Menteri, Sport Tourism

“Melalui kegiatan ini, peserta diharapkan dapat berperan aktid dalam pembangunan kepariwisataan di Jawa Timur,” pintanya.

Mancing merupakan salah satu kegiatan yang berorientasi pada petualangan yang memerlukan kesabaran bahkan saat ini Mancing sudah menjadi gaya hidup yang mengusung prestise, tak ubahnya kegiatan hobi atau Olahraga prestise lainnya. Disisi lain adalah menumbuhkan kesadaran baru akan penghargaan yang lebih terhadap nilai-nilai hubungan antara manusia dengan lingkungan alamnya. 

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur sebagai lembaga yang membidangi pembangunan pariwisata di daerah terus mengupayakan langkah konkrit seta mendorong untuk mengembangkan dan membangun Potensi daya tarik wisata yang ada. Guna mewujudkan pertumbuhan ekonomi dan membangun Potensi daya tarik wisata yang ada, guna mewujudkan pertumbuhan ekonomi dan sektor Pariwisata serta memperluas lapangan usaha bagi Masyarakat. 

Baca Juga: Kenalkan Sport Tourism Jatim, Mountain Bike 2024 Digelar

Evy menilai, sebagai salah satu tempat kolam pemancingan, Mega Prima Fishing, Sedati, Sidoarjo agar terus dapat dikembangkan. Dapat berkolaborasi dengan para pengguat olahraga mancing. “Semoga kedepannya mancing sebagai sport tourism ini bisa menjadi alternatif dan digemari Masyarakat dalam berwisata. Saya berharap event ini tidak hanya sebagai event prestisus dan bergengsi, tetapi juga bisa menambah daya saing untuk mengimbangi semakin ketatnya daya saing untuk mengimbangi semakin ketatnya persaingan di dunia bisnis Pariwisata, serta mampu membawa dampak positif terhadap perkembangan kepariwisataan,” paparnya.

Dukungan dari Masyarakat terhadap pariwisata Jawa Timur akan terus di apresiasi dan dicukupi segala alat dukungnya. “Kepada seluruh peserta, Saya mengucapkan terimakasih atas partisipasi saudara dan mohon bantuannya untuk terus berperan aktif dalam pengembangan Pariwisata di Jawa Timur dengan menginformasikan keberadaandaya tarik wisata ini kepada Masyarakat luas dan wisatawan,” pungkasnya. bdo

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU