Lontong Kupang: Pemkot Surabaya Gelar Pesta Resepsi di Balai Kota

author Redaksi

- Pewarta

Kamis, 20 Jun 2024 16:54 WIB

Lontong Kupang: Pemkot Surabaya Gelar Pesta Resepsi di Balai Kota

i

Zisti

SURABAYAPAGI, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui program Lontong Kupang (Layanan Online Terpadu One Gate System) tahun 2024, menggelar pembekalan bagi 330 pasangan yang akan mengikuti isbat nikah. Acara ini berlangsung di Empire Palace Hotel dan mencakup pemeriksaan kesehatan serta fitting busana pengantin.

Program yang didukung oleh Dispendukcapil Kota Surabaya, Pengadilan Agama, dan Kementerian Agama ini bertujuan untuk memberikan kepastian hukum bagi pasangan yang belum memiliki akta nikah resmi. Para peserta akan mendapatkan buku nikah dan dokumen kependudukan lainnya dalam satu hari layanan.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Perkuat Sister City dengan Amerika Serikat

Ketua TP PKK Surabaya, Rini Indriyani, menyampaikan bahwa acara ini rutin dilakukan untuk memastikan pasangan mendapatkan kepastian hukum. "Ini adalah bagian dari upaya kita untuk memberikan kepastian hukum bagi pasangan yang telah menikah tetapi belum memiliki akta nikah resmi," ujarnya.

Setelah proses isbat nikah, Pemkot Surabaya akan menggelar resepsi nikah massal dengan tema pesta kebun di Balai Kota pada 3 Juli 2024.

"Mereka akan merasakan pernikahan yang sesungguhnya dengan busana pengantin dan riasan lengkap," tambah Rini.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Perkuat Sister City dengan Amerika Serikat

Rangkaian kegiatan dimulai dari pembekalan isbat nikah, pelaksanaan sidang isbat di Gedung Siola, hingga resepsi pernikahan di Balai Kota. Eddy Christijanto, Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya, mencatat peningkatan peserta dari 225 pasangan di tahun lalu menjadi 330 pasangan tahun ini. Pemeriksaan kesehatan gratis juga diberikan untuk memastikan kesejahteraan para pasangan.

Baca Juga: SWK Pinghay Resmi Diresmikan, Kini Lebih Nyaman dan Tertata

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, menginginkan acara ini menjadi pesta rakyat yang dapat dinikmati masyarakat umum. "Tahun lalu diadakan di Empire, tahun ini kita buat pesta kebun agar masyarakat bisa menyaksikan dan lebih sadar akan pentingnya dokumen pernikahan," jelasnya.

Dengan tema busana yang sparkling dan berwarna-warni, para pasangan akan merasakan kummerian pesta kebun yang diadakan di Balai Kota Surabaya, menandai langkah baru dalam kehidupan mereka dengan kepastian hukum yang jelas. Zis

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU