Aurus Senat, Mobil Kim Jong-un Pemberian Putin yang Tahan Ledakan Bom

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 21 Jun 2024 11:56 WIB

Aurus Senat, Mobil Kim Jong-un Pemberian Putin yang Tahan Ledakan Bom

i

Limosin mewah, Aurus Senat milik pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un pemberian Presiden Rusia Vladimir Putin. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Menakjubkan, Limosin mewah berkelir hitam merek Aurus Senat pemberian Presiden Rusia Vladimir Putin untuk pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un jadi mobil paling ikonik dan fenomenal.

Mobil mewah sepanjang 6.700 mm yang diserahkan Putin untuk Kim pada Februari 2024 lalu itu dilengkapi dengan bodi baja anti peluru. Beratnya pun mencapai 7.200 kg atau setara dengan berat bus komersial. 

Baca Juga: Mercedes-AMG GT 63 Pro 4Matic+ Tampil Sporty Bertenaga Supercar

Bahkan, fitur keamanan lainnya mobil ini punya kaca yang tebal hingga lantai pelindung yang mampu menahan ledakan bom hingga serangan gas kimia. Bagian rodanya juga kokoh dan tahan peluru, sehingga tetap bisa berjalan meski udaranya habis.

Mobil mewah bergaya retro, serupa dengan limosin ZIL yang diproduksi pada era Uni Soviet. Aurus Senat dibuat khusus oleh NAMI -lembaga teknik pemerintah yang berbasis di Moskow- untuk Putin. Mobil ini menggantikan mobil dinas sebelumnya yakni Mercedes-Benz S600.

Baca Juga: Scomadi Turismo Technica Edisi Spesial, Tersedia Hanya 100 Unit

Dikutip dari website resmi Aurus, Aurus Senat menggendong mesin 4.4 liter V8 twin-turbo hybrid hasil kerja sama dengan Porsche. Tenaga yang dihasilkan 598 HP dengan torsi 800 Nm yang disalurkan ke empat roda dengan transmisi otomatis sembilan percepatan.

Untuk akselerasinya dari 0-100 kilometer per jam membutuhkan waktu 6 detik, sedangkan kecepatan maksimalnya mencapai 250 km/jam.

Baca Juga: Tahun Depan, Genesis GV60 Magma Concept Masuk Tahap Produksi

Soal harga, dikutip dari KBS World, untuk model reguler Aurus Senat dibandrol antara 500 juta hingga 1,1 miliar Won. Harga tersebut setara Rp 5,92 miliar hingga Rp 13 miliar.

Selain itu, berdasarkan kantor berita TASS yang dikutip pada Jumat (21/06/2024) melaporkan, Kim tak cuma mendapat hadiah mobil mewah. Putin juga memberikan satu set cangkir teh serta minuman. jk-06/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU