Atap Pasar Sore Tuban Runtuh, Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 23 Jun 2024 13:49 WIB

Atap Pasar Sore Tuban Runtuh, Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah

i

Kondisi salah satu bangunan pasar sore Tuban usai atapnya runtuh. Nampak warga dan abang becak membersihkan puing-puing atap. SP/ TBN

SURABAYAPAGI.com, Tuban - Runtuhnya atap bangunan pasar sore Tuban, Jawa Timur membuat para pedagang mengeluh dan ketar-ketir yang terjadi pada Jumat 21 Juni 2024 pukul 19.30 WIB. Bahkan akibat kerusakan tersebut diperkirakan mencapai kerugian sekitar Rp 200 juta.

Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Diskopumdag) Kabupaten Tuban menjelaskan pada bangunan yang atapnya runtuh ini ada sebanyak 24 kios, dari jumlah itu pedagang yang masih berjualan aktif ada sekitar 12 dan ada sekitar tujuh penjual yang saat kejadian masih melakukan jual beli.

Baca Juga: 2 Pasangan Bukan Pasutri Digerebek di Kos di Tuban

"Kerugian tadi dihitung bersama teman-teman taksiran lebih kurang 200 juta, baik bangunan maupun kondisi para pedagang yang nggak bisa jualan," jelas Kepala Diskopumdag Tuban, Agus Wijaya, Minggu (23/06/2024).

Beruntung, dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa. Sebab, sebelum kejadian memang sudah ada tanda-tanda kerusakan pada bagian atap bangunan.

"Sekitar pukul tiga sore ada tanda-tanda kerusakan pada atap, yaitu ada yang jatuh ke plafon. Sehingga kita bisa memberikan peringatan dini kepada para pedagang untuk menyelamatkan dagangannya dan mengosongkan tempat ini sehingga saat kejadian tidak ada korban jiwa," ungkap Agus.

Baca Juga: Penjualan Alat Tulis di Pasar Tuban Meningkat Hampir 100 Persen

"Kami sediakan tempat jualan sementara. Kita siapkan tenda kerucut di halaman untuk sementara mereka berjualan. Jadi aktivitas jualannya masih kita fasilitasi," pungkas Agus.

Sementara itu, salah satu pedagang di pasar sore, Fredi mengaku tidak mengalami kerugian lantaran barang-barang yang berada di kiosnya sudah dibersihkan semua terlebih dahulu sebelum atap bangunan runtuh.

"Barang-barang sudah saya keluarkan semua, baru atap ini runtuh," ujarnya saat dijumpai Ngopibareng.id di lokasi runtuhnya atap bangunan pasar sore. 

Baca Juga: Main Snorkeling, Wisata Air Tawar Baru di Suruan Eco Park Tuban

Kendati begitu, dia berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban segera memperbaiki bangunan pasar sore yang atapnya runtuh, sehingga para pedagang bisa kembali berjualan. 

"Harapannya segera diperbaiki secepatnya, karena kita juga butuh tempat untuk mencari uang," harap Fredi. tbn-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU