Bermesin V16 Hybrid Super Buas, Bugatti Tourbillon Dibanderol Rp 67 Miliar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 24 Jun 2024 10:21 WIB

Bermesin V16 Hybrid Super Buas, Bugatti Tourbillon Dibanderol Rp 67 Miliar

i

Bugatti Tourbillon hadir sebagai hypercar hybrid dengan tiga motor listrik untuk menyokong mesin V16. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Pabrikan asal Prancis, Bugatti meluncurkan hypercar elektrifikasi dengan dukungan sistem hybrid tiga motor listrik, yakni Bugatti Tourbillon yang bertujuan merebut kembali posisi Chiron sebagai mobil performa puncak yang terkesan mewah, Senin (24/06/2024).

Diketahui, Tourbillon adalah kendaraan super eksklusif dengan hanya 250 unit produksi. Tanpa turbocharger, eksklusifitas hypercar satu ini bisa dimiliki dengan harga lebih dari 3,8 juta Euro atau setara Rp 67 miliar, untuk diantarkan pada 2026.

Baca Juga: Classic 350 Bergaya Klasik, Motor Royal Enfield Paling Laku di Indonesia

Pertama kali terlintas saat melihat, sorotan pertama datang dari jantung pacunya yang ditenagai mesin dengan 16 silinder, gaya maksimalis yang tak asing bicara Bugatti. Meski begitu, mereka telah membuang mesin W16 8,0 liter untuk menggantikannya dengan V16 8,3 liter aspirasi normal yang mampu berputar hingga 9.000 rpm.

Berkat perkawinannya dengan tiga motor listrik, output 986 tenaga kuda V16 secara efektif berlipat ganda. Sambil disuntik nitro, tenaga sebesar 1.775 tenaga kuda dapat dimuntahkan sambil menggaungkan suara ganas bak gergaji mesin saat V16 mengunyah putaran.

Baca Juga: Honda CRF1100L Africa Twin Edisi Spesial dan Terbatas, Cuma 75 Unit

Output tersebut melampaui apa yang dapat dihasilkan Chiron Super Sport, yang mencapai puncaknya pada 1.578 tenaga kuda. Dengan tenaga buas tersebut, di atas aspal, Tourbillon mencatatkan waktu sprint dari 0-100 km/jam sesingkat 2 detik, memangkas waktu 0,4 detik dari Chiron.

Tourbillon dapat dikebut hingga 380 km/jam, sebanding dengan Chiron. Namun, ketika tombol "speed key" ditekan, kejutan performa dapat membiarkannya menyentuh kecepatan 445 km/jam, lebih cepat dari Chiron.

Baca Juga: MG Cyber GTS Meluncur, Jadi Model Versi Tertinggi MG Cyberster

Kecepatan impresifnya ditampilkan lewat kluster instrumen analog yang menawan, seakan digarap oleh penggemar arloji yang paham akan mobil sport. Tak heran jika panggilannya adalah "Tourbillon", seperti perangkat peningkat akurasi pada arloji kelas atas.

Sementara interior lainnya masih mempertahankan estetika Chiron yang diselimuti kecanggihan. Tak ada gebrakan baru semengesankan mesin dan interiornya. Namun, tetap ada banyak hal menyenangkan. Salah satunya adalah akan ada pintu yang membuka ke atas dengan gaya dihedral. Jadi pecinta Bugatti tidak akan rugi jika membeli seharga puluhan miliar tersebut. jk-02/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU