65 Sekolah Surabaya Raih Penghargaan Adiwiyata 2024

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 25 Jun 2024 20:19 WIB

65 Sekolah Surabaya Raih Penghargaan Adiwiyata 2024

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memberikan penghargaan Adiwiyata kepada 65 sekolah di Surabaya dalam acara yang digelar di Gedung Balai Pemuda pada Selasa (25/6/2024). Penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi upaya sekolah-sekolah dalam melestarikan lingkungan.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada para pemenang.

Baca Juga: Innovation Day 2024 : Schneider Electric Dukung Transformasi Digital di Surabaya

"Adiwiyata bukan hanya perlombaan, tetapi juga upaya membangun kesadaran lingkungan di kalangan siswa. Dengan semakin banyaknya sekolah yang berpartisipasi, kita berharap pada tahun 2025 seluruh sekolah dasar di Surabaya sudah mengikuti program ini," kata Eri Cahyadi.

Eri menekankan pentingnya pendidikan lingkungan sejak dini. "Kita tidak hanya mengejar juara, tapi bagaimana anak-anak bisa belajar membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan plastik, dan mencintai lingkungan," tambahnya.

Saat ini, sekitar 333 sekolah di Surabaya telah mengikuti program Adiwiyata di berbagai tingkatan, dari tingkat kota hingga nasional. Dari jumlah tersebut, 65 sekolah menerima penghargaan tahun ini, yang terdiri dari 41 SD Negeri, 14 SD swasta, 6 SMP Negeri, dan 4 SMP swasta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Dedik Irianto, menjelaskan bahwa sertifikat Adiwiyata berlaku selama empat tahun. "Sekolah yang belum ikut tahun ini mungkin pernah mendapat penghargaan di tahun sebelumnya tetapi belum mengajukan ulang," ujar Dedik.

Peningkatan jumlah sekolah yang berpartisipasi dalam program Adiwiyata menunjukkan semakin tingginya kesadaran lingkungan di kalangan pelajar. Program Adiwiyata sendiri meliputi tiga tahapan utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Baca Juga: Inovasi Kesehatan: Surabaya Hadirkan R1N1 dengan Ribuan Tenaga Kesehatan di Setiap RW

Dedik juga menambahkan bahwa sekolah yang telah meraih Adiwiyata tingkat kota akan dievaluasi selama 12 bulan sebelum diusulkan ke tingkat provinsi dan nasional. "Kami berharap sekolah-sekolah ini bisa meraih Adiwiyata Mandiri di masa mendatang," tuturnya.

Wali Kota Eri berharap program ini dapat membentuk karakter siswa yang peduli lingkungan, sehingga masalah sampah dan kebersihan di Surabaya bisa teratasi. "Pembentukan karakter dan kedisiplinan adalah kunci utama," katanya.

Berikut daftar pemenang penghargaan Adiwiyata 2024:

Juara Terbaik SD :
- Juara I: SDN Pakis VIII
- Juara II: SDN Ploso 1/172
- Juara III: SDN Kedung Cowek 1/253

Baca Juga: Pemkot Surabaya akan Tambah Sekolah Negeri

Juara Harapan SD :
- Harapan I: SDN Siwalankerto 1
- Harapan II: MI AI - Amin
- Harapan III: SD Bahrul Ulum (Dukuh Menanggal)

Juara Terbaik SMP :
- Juara I: SMPN 63
- Juara II: SMP Taruna Jaya 1
- Juara III: SMP Kristen Gloria 1

Penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi lebih banyak sekolah di Surabaya untuk berpartisipasi dalam program Adiwiyata dan meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan siswa. Zis

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU