4 Bocah Main Masak-masakan, Gudang dan Empat Rumah Ludes Terbakar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 26 Jun 2024 19:28 WIB

4 Bocah Main Masak-masakan, Gudang dan Empat Rumah Ludes Terbakar

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Kebakaran hebat menghanguskan 4 rumah dan 1 gudang rongsokan di Dusun Sidorame, Desa Gunungan, Dawarblandong, Mojokerto. Sumber api diduga dari 4 anak yang main masak-masakan telur dekat gudang rongsokan.

Kepala Desa Gunungan, Sadi menjelaskan 4 rumah dan 1 gudang rongsokan yang terbakar berjajar dari timur ke barat dan saling berdempetan.

Baca Juga: Tahun Ajaran Baru, Pengrajin Tas Meringis, Omzet Penjualan Turun 40 Persen

Keempatnya yakni rumah milik Anam menghadap utara, rumah Ebi, Slamet dan Duwi menghadap selatan, serta gudang rongsokan milik Gunari leter L menghadap barat dan utara.

"Keempatnya rumah permanen, ada yang berdinding kayu dan tembok," jelasnya, Rabu (26/6/2024).

Ketika kebakaran terjadi, kata Sadi, keempat rumah dalam kondisi sepi. Para pria sedang bekerja, sedangkan emak-emak pemilik rumah membantu kerabat mereka menggelar hajatan sekitar 50 meter dari lokasi kebakaran.

"Api sudah dipadamkan, tapi baranya masih ada, tertiup angin ke gudang rongsokan sehingga membakar rongsokan kertas yang dekat dengan bara. Akhirnya api membesar," ungkapnya.

Sadi mengungkapkan, sekitar pukul 09.30 WIB ada 4 anak usia kelas 1 SD, TK, dan PAUD yang main masak-masakan telur di depan pintu sisi barat rumah Duwi.

Baca Juga: Pabrik di Mojokerto Terbakar, 1 Orang Terluka

Mereka menggoreng telur dengan bahan bakar kertas dan kayu dekat gudang rongsokan. Api itu diduga menyambar gudang rongsokan dan cepat membesar.

Sadar terjadi kebakaran anak-anak itu menyusul ibu mereka. Tapi api sudah telanjur besar di gudang rongsokan Gunari. Warga berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Namun api dengan cepat menjalar ke 4 rumah di sebelah gudang. Asap hitam pekat membubung tinggi. Tidak hanya memadamkan api warga juga bahu-membahu menyelamatkan barang berharga dari 4 rumah itu.

Sedikitnya 6 truk pemadam kebakaran dari Mojokerto dan Gresik didatangkan ke lokasi. Kebakaran baru benar-benar bisa dipadamkan sekitar pukul 13.15 WIB. Namun gudang rongsokan dan 4 rumah nyaris rata dengan tanah.

Baca Juga: Potensi Kerawanan Pilbup 2024 Cukup Tinggi, Bawaslu Ajak Masyarakat Ikut Aktif Awasi

"Korban jiwa tidak ada. Ada ibu-ibu pemilik salah satu rumah pingsan melihat rumahnya terbakar. Kalau kerugian materi ratusan juta, uang tunai sekitar Rp 15 juta milik Dwi dan 5 sak gabah milik Anam ikut terbakar," ujarnya.

Kapolsek Dawarblandong Iptu Bakir masih menyelidiki penyebab kebakaran yang meludeskan 4 rumah dan 1 gudang rongsokan.

"Sumber api dalam penyelidikan, menunggu penyelidikan kami dari rekan-rekan reserse dan inafis," tandasnya. Mj-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU