Infrastruktur Jalan ke Makam Bung Karno akan Diperbaiki

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 30 Jun 2024 19:25 WIB

Infrastruktur Jalan ke Makam Bung Karno akan Diperbaiki

SURABAYAPAGI.COM, Blitar – Pemerintah Kota Blitar mempersiapkan anggaran sebesar Rp15 miliar untuk memperbaiki infrastruktur jalan yang mengarah ke makam Bung Karno. Dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan Jalan Ir Soekarno sepanjang 2 kilometer serta beberapa ruas jalan lainnya di Kota Blitar.

Menurut Sekretaris Dinas PUPR Kota Blitar Joko Pratomo, proses tender untuk proyek pembangunan Jalan Ir Soekarno telah selesai. Namun, penandatanganan kontrak masih menunggu persetujuan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) dari pemerintah pusat.

Baca Juga: Kurang Berhati-hati, Siswa SMP Alami Patah Tulang setelah Motornya Berbenturan dengan Minibus

"Kemungkinan proyek pembangunan Jalan Ir Soekarno akan dimulai pada akhir Juli atau awal Agustus mendatang, dengan anggaran khusus sebesar Rp15 miliar yang telah dialokasikan untuk proyek tersebut," ujar Joko, Sabtu (29/6/2024).

Selain jalan, proyek ini juga mencakup perbaikan drainase dan trotoar untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan serta menarik lebih banyak wisatawan ke makam Bung Karno.

Baca Juga: Harga Cabai di Pasaran Kota Blitar Meroket Tembus Rp 70 Ribu per Kg

Pemkot Blitar berharap bahwa dengan mempercantik jalan-jalan ini, kunjungan wisatawan ke makam Bung Karno akan meningkat. "Kami senantiasa berupaya untuk memperbaiki dan meningkatkan fasilitas penunjang pariwisata. Salah satunya dengan melakukan perbaikan infrastruktur jalan menuju makam Bung Karno," ungkap Joko.

Selain dana sebesar Rp15 miliar untuk Jalan Ir Soekarno, Dinas PUPR Kota Blitar juga mengalokasikan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp7 miliar untuk memperbaiki empat ruas jalan lainnya di Kota Blitar. Keempat ruas jalan tersebut adalah Jalan Anjasmoro, Jalan Kali Brantas, Jalan Sumatera, dan Jalan Kapuas.

Baca Juga: Pemkab Blitar Siapkan Dana Revitalisasi Pasar Nglegok Rp 3 Miliar

"Untuk tiga ruas jalan lainnya, pekerjaan akan difokuskan pada pengaspalan. Namun, berbeda dengan Jalan Anjasmoro, selain dilakukan pengaspalan, juga akan ada perbaikan drainase dan trotoar untuk meningkatkan kualitas infrastruktur di sana," jelas Joko.

Dengan alokasi dana yang besar ini, Pemkot Blitar menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan infrastruktur yang mendukung sektor pariwisata, serta memastikan akses yang lebih baik dan aman bagi pengunjung menuju tempat sejarah penting ini. Bl-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU