Home / Politik Pemerintahan : ANALISA BERITA

Pengamat Politik: PDIP Haram Usung Anak Jokowi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 30 Jun 2024 21:11 WIB

Pengamat Politik: PDIP Haram Usung Anak Jokowi

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Saya analisis, kelihatan PDIP sangat haram mengusung anak Jokowi. Di pilkada Jakarta,PDI-P mau mengusung Anies, bukan Kaesang, PKS dukung Anies dan Sohibul.

Saya pantau tak ada satupun nama Kaesang yang kemudian disebut oleh partai non-KIM. jadi pernyataan Mad Ali, Nasdem, ada benarnya dan ada kurang benarnya. Benarnya ya tentu partai KIM yang minta arahan Jokowi, di luar KIM tentunya mereka punya preferensi politik yang berbeda.

Baca Juga: PDIP Utak-atik Pidato Prabowo, Ungkap Sinyal Pecah dengan Jokowi

Menurut saya, Jokowi effect bisa saja berpengaruh terhadap pencarian kandidat calon kepala daerah mendatang. Namun, saya memandang bagi partai KIM, Jokowi effect bukanlah segala-galanya.

Jadi bisa dibagi dua hal, dalam pencalonan faktor Jokowi masih determinan. Dan alau soal calon yang diusung KIM itu banyak faktor calon dan pengaruh Prabowo Subianto. Artinya faktor Jokowi begitu penting, tapi bukan segala-galanya.

Dalam pandangan saya, jika nasihat Jokowi di atas segalanya, maka sejak awal partai yang tergabung dalam KIM pasti mendorong Kaesang Pangarep sebagai Cagub Jakarta. Namun kenyataannya, ada nama-nama lain yang masuk ke dalam radar.

Jadi, kalau memang faktor Jokowi menjadi sangat penting dan segala-galanya, mestinya yang dimajukan di Pilgub Jakarta adalah Kaesang, bukan RK. Artinya petuah politik Jokowi masih cukup kuat, mestinya Kaesang yang diusung mengingat ia adalah Ketum PSI yang juga punya peluang untuk maju.

Tapi nyatakan nama Kaesang hanya diproyeksikan sebagai cawagub, bukan cagub.

Baca Juga: Pentingnya Pelajaran Budi Pekerti, Wara Sundari: Kita Perjuangkan Masuk Kurikulum Sekolah

Saya menilai partai politik yang mendekati Presiden Joko Widodo menjelang Pilkada ialah yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Pendapat saya ini, merespons Waketum Partai NasDem Ahmad Ali yang tak mendengar Presiden Joko Widodo menyodorkan nama ketum PSI Kaesang Pangarep ke partai-partai yang mendekati Jokowi.

Dan partai-partai yang meminta arahan Jokowi itu adalah partai yang tergabung dalam KIM, spesifiknya yang mendukung Prabowo-Gibran. Di luar itu saya kira partai partai seperti PDI Perjuangan, PKS, NasDem, PKB, punya preferensi dan pilihan politik masing-masing.

Baca Juga: PDI-P Segera Umumkan Cagub Jatim Bareng PKB dan Nasdem, Ini Kandidatnya

Saya mengamati hal ini bisa dilihat dari dinamika politik menjelang Pilgub Jakarta mendatang, di mana PDI-P yang merupakan parpol di luar KIM dan melirik Anies Baswedan ketimbang Kaesang. Begitu juga dengan PKS yang resmi mengusung Anies berpasangan dengan kadernya, Sohibul Iman. Dan PDIP kecenderungannya ingin memajukan kader sendiri. n rmc

 

* Adi kepada wartawan, Sabtu (29/6/2024).

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU