Mendag Lepas Ekspor Kopi ke AS

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 01 Jul 2024 20:04 WIB

Mendag Lepas Ekspor Kopi ke AS

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melepas ekspor kopi green bean produksi PT Ujang Jaya International sebanyak 10 kontainer senilai 1,48 juta dolar AS ke Amerika Serikat di Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin (1/7).

Zulkifli mengatakan, pemerintah mendorong ekspor terus diperkuat untuk mencapai surplus perdagangan.

Baca Juga: Mendag Usul Jalur Masuk Barang Impor Dipindah

"Kami terus-menerus berupaya menggalakkan ekspor karena ini momentum surplus neraca dagang 49 bulan berturut-turut," ujar Zulkifli melalui keterangan di Jakarta, Senin.

Zulkifli menyampaikan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) bekerja keras untuk membuka akses pasar produk Indonesia dengan mempercepat penyelesaian perjanjian dagang dengan negara mitra. Salah satunya, perjanjian Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA).

Baca Juga: Kemendag Buka Akses Pasar untuk Pengembangan Industri Gim

"Kita sedang bekerja keras untuk menyelesaikan perjanjian CEPA dengan Uni Eropa. Kalau perjanjian selesai, mudah-mudahan lada, kopi, terutama CPO tidak akan ada masalah di Uni Eropa. Perjanjian tinggal sedikit lagi selesai, mudah-mudahan sebelum Oktober selesai," kata Zulkifli.

Dalam lima tahun terakhir (2019-2023), tren ekspor kopi Indonesia menunjukkan peningkatan sebesar 4,46 persen. Di sisi lain, AS menempati urutan pertama sebagai negara tujuan ekspor produk kopi asal Indonesia dengan nilai mencapai 215,96 juta dolar AS dengan pangsa ekspor 23,24 persen.

Baca Juga: Mulai Jumat, Satgas Barang Impor Illegal Siap Action di Pasar-pasar

Zulkifli mengatakan, pesaing utama ekspor kopi ke AS dari Amerika Latin, salah satunya Kolombia. Kolombia punya merek sendiri yang dikelola koperasi dan didukung pemerintahnya.

Untuk itu, kualitas kopi Indonesia harus ditingkatkan, apalagi sudah tertanam kesadaran di masyarakat akan konsumsi kopi organik.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU