Surabaya Semarakkan HUT Bhayangkara ke-78 dengan Sinergi dan Penghargaan

author Redaksi

- Pewarta

Senin, 01 Jul 2024 20:06 WIB

Surabaya Semarakkan HUT Bhayangkara ke-78 dengan Sinergi dan Penghargaan

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Surabaya memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara dengan upacara khidmat di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, pada Senin (1/7/2024) pagi. Upacara ini dipimpin oleh Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Pasma Royce.

Peserta upacara terdiri dari anggota kepolisian dan TNI, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, berbagai elemen masyarakat, serta tamu undangan. Tahun ini, HUT Bhayangkara mengusung tema "Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas".

Baca Juga: Surabaya Terpilih sebagai Tuan Rumah Asian Men’s U-20 Volleyball Championship 2024

Dalam amanat yang dibacakan oleh Kombes Pol Pasma Royce, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto menekankan peran strategis Polri dalam mendukung percepatan ekonomi berkelanjutan. Ia menegaskan bahwa keamanan yang kondusif adalah prasyarat penting bagi iklim investasi dan pengembangan infrastruktur.

"Kita harus memberikan jaminan keamanan yang kondusif untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam pengembangan infrastruktur, serta memastikan keadilan dan inklusivitas bagi seluruh lapisan masyarakat," kata Kombes Pol Pasma.

Kombes Pol Pasma juga menekankan pentingnya sinergi antara Polri, TNI, Pemkot Surabaya, dan seluruh elemen masyarakat. Menurutnya, kolaborasi yang kuat akan memperkuat kapasitas dalam menghadapi berbagai tantangan dan ancaman, serta mewujudkan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan menuju Indonesia Emas 2045.

Baca Juga: Makan Enak di Pinggir Jalan Surabaya? Bayarnya Bisa Pakai HP!

Sebagai bentuk apresiasi, Kombes Pol Pasma menyematkan tanda kehormatan "Bintang Bhayangkara Nararya" kepada lima anggota Polri yang berjasa besar dalam kemajuan dan pengembangan kepolisian. Penghargaan ini diberikan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No 40 / TK / Tahun 2023.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, menyatakan bahwa upacara peringatan HUT ke-78 Bhayangkara di Balai Kota Surabaya menunjukkan kedekatan Polri dengan masyarakat. "Ini menunjukkan sinergi yang kuat antara pemerintah kota dengan Polrestabes Surabaya dan Polres Tanjung Perak," kata Wali Kota Eri.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Terima Bantuan Dermaga Perahu dari PLBI

Wali Kota Eri berharap Pemkot Surabaya dan Kepolisian terus bersinergi dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh warga Surabaya. "Kami terus berbenah dan bersinergi dengan masyarakat untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan di Surabaya," ujarnya.

Upacara diakhiri dengan syukuran dan doa bersama di Lobi Lantai 2 Balai Kota Surabaya, sebagai bentuk harapan akan keselamatan bangsa dan negara. Zis

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU