Harga Kopi Robusta di Magetan Naik, Tembus Rp 125 Ribu/ Kg

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 02 Jul 2024 10:23 WIB

Harga Kopi Robusta di Magetan Naik, Tembus Rp 125 Ribu/ Kg

i

Ilustrasi. Penjual kopi robusta di Magetan, Jawa Timur. SP/ MGT

SURABAYAPAGI.com, Magetan - Sejak akhir 2023, harga kopi jenis Robusta sudah berangsur naik. Harga biji kopi Robusta panggang yang sebelumnya dibanderol Rp 80.000 per kilogram, kini harga paling murah kopi robusta panggang mencapai Rp 125.000 per kilogram. 

Diketahui, kenaikan kopi robusta tersebut terjadi di wilayah negara penghasil kopi selain Indonesia seperti Brazil dan Vietnam yang tidak memiliki banyak stok kopi, sehingga harganya pun mulai meroket.

Baca Juga: Panen Raya, Harga Jual Bawang Merah di Magetan Anjlok Drastis

“Alhasil, kopi robusta asal Indonesia yang diekspor. Padahal stok di sini saja sudah kurang. Imbasnya sampai ke kami juga. Kenaikannya dua kali lipat ketimbang tahun-tahun sebelumnya,” kata Narti, pedagang kopi di Pasar Sayur Magetan, Selasa (02/07/2024).

Selain itu, Produsen Kopi Java Lawu asal Desa Jabung Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan itu mengatakan meski masa panen kopi Robusta di Panekan baru Agustus nanti. Dirinya tak menjamin harga kopi Robusta bisa turun.

Baca Juga: Harga Tomat Terjun Bebas hingga Rp 800 per Kg, Petani Pasrah

“Ya berkah bagi kami para petani dan produsen kopi roastingan ya. Meski nanti panen ya kami belum tahu apakah harganya bakal turun atau masih sama seperti sekarang,” katanya.

Sejauh ini, meski harga naik, kopi Robusta masih jadi yang termurah dari empat jenis kopi yang dijualnya. Untuk kopi Arabica yang sudah di-roast yakni Rp 225.000 per kilogram, kemudian Liberica dan Excelsa yang sudah di-roast Rp 200.000 per kilogram.

Baca Juga: Kemarau Basah, Petani Tembakau di Sidorejo Magetan Ketar-ketir

“Bisa beli kemasan 200 gram atau 500 gram. Ada beberapa kedai kopi Magetan yang ambil bean dari kami. Sebagian dari sejumlah kedai kopi di Tawangmangu Karanganyar. Kami juga melayani pembelian lewat toko online,” kata Narti. mgt-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU