Kenali Tanda Sepeda Motor Berpotensi Turun Mesin, Bisa Dicegah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 02 Jul 2024 12:14 WIB

Kenali Tanda Sepeda Motor Berpotensi Turun Mesin, Bisa Dicegah

i

Ilustrasi. Sepeda motor yang sedang diperbaiki dan dirawat, untuk mencegah kendala turun mesin. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Sepeda Motor yang telah termakan usia atau kendaraan lama pasti sering mengalami kerusakan. Akan tetapi sebelum itu, sebenarnya masih bisa dicegah. Agar saat memperbaiki kerusakan tidak menimbulkan terlalu banyak biaya.

Banyak kerusakan sepeda motor yang bisa dicegah, apalagi kendaraan dirawat secara rutin setiap bulan, sebelum kendaraan tersebut akhirnya mengalami turun mesin, Selasa (02/07/2024).

Baca Juga: Italia dan Spanyol Kompak Dukung Tarif UE Soal Impor EV China

Ketika motor harus turun mesin, tentu kendaraan itu tidak bisa dimanfaatkan untuk bekerja atau pergi. Berikut, tanda-tanda akurat yang bisa terlihat saat sepeda motor bisa turun mesin.

Tanda suara mesin sepeda motor yang mudah dikenali adalah ketika suaranya terdengar berbeda dari sebelumnya. Terdengar sedikit kasar. Jika sudah muncul tanda ini, sebaiknya jangan ditunda untuk segera memeriksa kendaraan.

Baca Juga: Toyota Prius PHEV Meluncur, Solusi Baru Beyond Zero Emission

Ketika sepeda motor tidak memiliki tenaga atau dayanya mulai menurun, ini menjadi tanda pertama motor akan segera turun mesin. Selain itu, saat mesin kekurangan oli, pelumasan komponen di dalam mesin tidak akan maksimal. Hal inilah yang membuat beberapa komponen seperti seher atau ring seher kinerjanya melemah.

Sepeda motor yang hampir turun mesin biasanya akan sulit dinyalakan atau dihidupkan. Ini disebabkan oleh oli yang merembes ke ruang pembakaran dan membasahi busi, sehingga menimbulkan kerak pada busi.

Baca Juga: IMOTO Kenalkan Konsep Motor Listrik VISION.ev, Siap Jualan di 2025

Sehingga, rembesan oli akan menyebabkan mesin motor susah menyala karena proses pengapian yang tidak maksimal.

Keluarnya asap putih pada sepeda motor juga menjadi pertanda adanya kebocoran di mesin. Asap putih ini biasa terjadi karena oli mesin merembes ke ruang bakar sehingga oli ikut terbakar. Sehingga penting melakukan perawatan untuk mencegah sepeda motor mengalami turun mesin. jk-05/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU