Surabaya Mencetak Generasi Emas: Literasi dan Numerasi Capai 88 Persen di Tahun 2024

author Redaksi

- Pewarta

Selasa, 02 Jul 2024 20:09 WIB

Surabaya Mencetak Generasi Emas: Literasi dan Numerasi Capai 88 Persen di Tahun 2024

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Kota Surabaya menunjukkan kemajuan luar biasa dalam kualitas pendidikan anak usia dini dengan capaian literasi dan numerasi di atas 75 persen. Bunda Paud Kota Surabaya, Rini Indriyani, menegaskan pentingnya peningkatan kualitas pendidikan dalam upaya pemulihan pembelajaran di kota ini.

Pada kegiatan Advokasi Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran Regional 2 yang diadakan oleh Kemendikbudristek RI di Hotel Platinum, Surabaya, Rini mengungkapkan bahwa Surabaya memiliki 3.242 lembaga pendidikan dengan total 15.295 guru dan 316.279 siswa yang memerlukan dukungan pemulihan pembelajaran melalui literasi dan numerasi.

Baca Juga: Surabaya Terpilih sebagai Tuan Rumah Asian Men’s U-20 Volleyball Championship 2024

"Berdasarkan hasil Rapor Pendidikan tahun 2024, kami patut bersyukur bahwa di Surabaya capaian kemampuan literasi dan numerasi menunjukkan tren yang positif. Untuk peserta didik di SD negeri dan swasta, capaian kemampuan literasi tahun ini mencapai 88,29 persen, naik 4,36 persen dari tahun 2023 yang sebesar 83,93 persen," kata Bunda Rini.

Pemerintah Kota Surabaya terus memperkuat jejaring kemitraan untuk mendukung penguatan literasi dan numerasi, melibatkan berbagai pemangku kepentingan. "Dengan kolaborasi yang efektif, diharapkan dapat menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih inklusif dan kondusif," ujarnya.

Baca Juga: Makan Enak di Pinggir Jalan Surabaya? Bayarnya Bisa Pakai HP!

Selain itu, buku-buku cerita yang diterbitkan oleh Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbudristek juga turut memperhatikan kosakata yang familiar bagi anak-anak. Hal ini memastikan anak-anak bisa menerima dan memahami materi yang diberikan.

Direktur Paud Kemendikbudristek RI, Komalasari, memberikan apresiasi kepada Pemkot Surabaya atas upaya luar biasa dalam meningkatkan kualitas pendidikan. "Kolaborasi ini akan terus diperkuat untuk membangun fondasi yang kokoh bagi anak-anak usia dini," katanya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Terima Bantuan Dermaga Perahu dari PLBI

Kegiatan ini juga mencakup penandatanganan Perjanjian Kerjasama Mitra Pembangunan PDM-10 untuk mendukung upaya peningkatan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah di Surabaya. Zis

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU