Kloter Perdana Gelombang Dua Tiba di Tanah Air dengan Jumlah Utuh

author Lailatul Nur Aini

- Pewarta

Jumat, 05 Jul 2024 13:52 WIB

Kloter Perdana Gelombang Dua Tiba di Tanah Air dengan Jumlah Utuh

i

Kelompok terbang (kloter) 47 asal Kabupaten Lumajang tiba di asrama haji pada Jumat (5/7/2024). SP/ AINI

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Kelompok terbang (kloter) 47 asal Kabupaten Lumajang tiba di asrama haji pada Jumat (5/7/2024) sekitar pukul 09.15  WIB. Kloter ini menandai awal kedatangan jemaah haji gelombang dua di Debarkasi Surabaya.

Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya, Abdul Haris merasa bersyukur, kloter 47 yang merupakan kloter perdana gelombang dua tiba di asrama haji dengan selamat dan utuh. 

Baca Juga: Toko kaligrafi di Lamongan Ketiban Rejeki, Omzet Naik 2 Kali Lipat

“Alhamdulillah kloter 47 yang terdiri dari dua jemaah Kabupaten Malang, dan sisanya merupakan jemaah haji Kabupaten Lumajang telah tiba dengan selamat dan utuh sejumlah 371 orang sama dengan ketika berangkat ke tanah suci,” tutur Haris.

Haris menginfokan ada satu jemaah kloter 47 yang dirujuk ke rumah sakit di tanah suci karena ada masalah pada jantungnya sehingga dilakukan tindakan operasi bypass, hari ini juga ikut pulang bersama kloter 47. 

“Tadi kita temui, Alhamdulillah beliau kondisinya relatif stabil. Kita doakan semoga beliau cepat pulih seperti sedia kala,” harapnya.

Haris menuturkan yang membuat jemaah haji gelombang dua ini berbeda dengan gelombang satu adalah jemaah gelombang dua terbang dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz di Madinah, sedangkan kalau gelombang satu terbang dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Baca Juga: Menunggu Pansus DPR, Ungkap Skandal Haji 2024

“Untuk layanan tidak ada perbedaan. Kalau waktu pemberangkatan, gelombang dua berangkat dengan memakai baju ihrom, untuk kepulangan tidak ada perbedaan pakaian,” terang ayah dua anak ini.

Haris juga menginfokan hingga kloter 47 ini, total 17.416 jemaah telah tiba di tanah air atau sudah mencapai 44 persen.

“Ada dua jemaah Embarkasi Surabaya yang merupakan jemaah dari gelombang satu, masih dirawat di rumah sakit di Jeddah. Semoga kedua jemaah tersebut segera sembuh dan pulang ke tanah air,” terangnya.

Baca Juga: 577 dari 1.126 Jemaah Meninggal Saat Salat di Arafah

Pada kesempatan tersebut, Haris juga mengabarkan kabar duka cita terkait penambahan jumlah jemaah haji Debarkasi Surabaya yang wafat di tanah suci.

“Hingga hari ini Jumat (5/7), ada 68 jemaah Debarkasi Surabaya yang wafat di tanah suci dari jumlah keseluruhan jemaah Indonesia yang wafat yaitu 380 orang,” terangnya.

Malam ini, ada empat kloter yang akan tiba di Debarkasi Surabaya. Kloter 48 asal Kabupaten Lumajang akan mendarat pada pukul 18.03 WIB, kloter 49 dari Kabupaten Bondowoso tiba pukul 18.56 WIB, kloter 50 yang juga dari Kabupaten Bondowoso diperkirakan mendarat pukul 20.45 WIB, serta kloter 51 yang merupakan gabungan dari Kabupaten Lumajang, Kabupaten Bondowoso, dan Kota Surabaya diperkirakan datang sekitar pukul 23.55 WIB. ain

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU