Ancaman Mogok di FK UNAIR Tak Terbukti

author Lailatul Nur Aini

- Pewarta

Jumat, 05 Jul 2024 20:03 WIB

Ancaman Mogok di FK UNAIR Tak Terbukti

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Ratusan civitas akademika Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) menggelar aksi solidaritas pada Kamis (4/7/2024) untuk menyikapi pemecatan Dekan Budi Santoso.

Aksi ini dihadiri oleh para guru besar, sejawat dokter, pengajar, alumni, hingga mahasiswa aktif FK Unair. Bahkan, Mantan Rektor Unair periode 2001-2006, dr Puruhito, juga turut hadir dalam aksi tersebut.

Baca Juga: Kontroversi Pencopotan Dekan FK Unair: Rektor Bungkam, Kemenkes Bantah Keras Terlibat

Seperti diketahui, Profesor Bedah Saraf, Prof Dr dr Abdul Hafid Bajamal SpBS (K), dengan penuh semangat menyampaikan orasinya didepan Gedung FK Unair tersebut.

Prof Hafid menekankan pentingnya menyuarakan kebenaran dan keadilan tanpa takut kehilangan jabatan.

"Apa yang benar harus kita sampaikan, keadilan harus kita sampaikan. Jangan jadi penjilat, jangan jadi munafik karena jabatannya tidak naik. Hari ini semua harus melakukan sikap, harus tegas, tidak bisa lagi kita main sendiko dawuh, bukan zamannya. Kita akademisi," paparnya.

Dalam aksi tersebut, Prof Hafid juga menyerukan ajakan kepada civitas akademika Unair untuk mogok tidak melakukan kegiatan belajar mengajar sebagai bentuk protes atas pencopotan terhadap Prof BUS itu.

"Tidak ada alasan ketidakadilan dilakukan terhadap Prof Budi Santoso. Kita akan bergerak mulai sekarang. Semua dosen, wakil dekan, dan bagian staf FK saya usulkan untuk mogok mengajar mulai hari ini, setuju? Sampai Prof Budi Santoso dikembalikan ke tempatnya," serunya.

Adapun demikian, tim Surabaya Pagi, pada Jum'at, (5/7/2024) secara langsung meninjau ke FK Unair yang terletak di Jalan Prof. DR. Moestopo No.47, Surabaya.

Dari pantauan langsung, gedung Fakultas Kedokteran tertua ke-2 di Indonesia tampak sepi. Tidak terlalu banyak mahasiswa yang berlalu lalang. Namun, hanya ramai secara bersautan suara konstruksi renovasi gedung tersebut. Serta tampak beberapa tukang bangunan sedang sibuk menyelesaikan pekerjaannya.

Ruang Wakil Dekan FK UNAIR pun, juga tampak sepi. Meski demikian, di parkiran mobil berjajar rapi kendaraan Wakil Dekan I, II, dan III.

Baca Juga: Prof Budi Santoso Dicopot dari Dekan, FK Unair Bergolak!

Ruang Dekan di A120, yang biasanya ditempati oleh Prof BUS juga terlihat tak berpenghuni. Namun, terlihat kendaraan dinas sedan berplat merah diam disudut parkiran mobil Dekan.

Ketua Unit Komunikasi & Informasi Publik (KIP), Dr. Reny I'tishom, M.Si, menyampaikan bahwa aktivitas belajar mengajar maupun pelayanan mahasiswa di lingkungan FK UNAIR berjalan seperti biasanya. Tidak ada aksi mogok seperti orasi yang disampaikan oleh Prof Hafid.

Dosen Departemen Biologi Kedokteran, yang kerap disapa Ishom itu, juga mengaku kalau kampus tampak sepi karena mahasiswa libur semester atau perkuliahan hingga Agustus 2024.

"Saat ini masih libur kuliah dan dosen FK masih tetap masuk serta melakukan aktivitas termasuk ujian proposal dan tugas akhir," kata Ishom, dikonfirmasi oleh Surabaya Pagi.

Namun, ketika dikonfirmasi terkait pemegang wewenang sebagai pemangku kebijakan tertinggi di FK saat ini, Ishom memilih bungkam. Karena memang belum ada konfirmasi secara resmi dari pihak Universitas.

Sementara itu, salah satu satu mahasiswi yang ditemui Surabaya Pagi, yang tidak ingin disebutkan namanya itu membenarkan jika saat ini masa libur semester.

Baca Juga: Sosialisasikan Pola Hidup Sehat, FK Unair Gelar Medic Air Run 2024

"Iya ini pada libur mbak, yang masuk rata-rata yang sedang ada tugas akhir saja," ungkapnya.

Tak hanya itu, staf atau pegawai sub pendidikan akademik yang tidak ingin disebutkan namanya itu mengaku bahwa kegiatan pelayanan untuk mahasiswa masih berjalan normal.

"Masih normal, pelayanan untuk mahasiswa tetap jalan seperti biasa. Kami melayani pendidikan tidak boleh berhenti begitu saja. Kalau jam operasional juga masih sama, kami mulai jam 8 sampai 16.30," ucap pria berusia sekitar 50 tahunan itu.

Disisi lain, karangan bunga dari para kolega yang mendukung Prof BUS yang sempat memenuhi halaman Gedung FK Unair, tampak sudah dibersihkan.

"Ya kalau untuk karangan, mau acara apapun keesokan harinya setelah acara pasti langsung dibersihkan. Baik itu, karangan ucapan pelantikan, atau apapun sih mbak. Tidak hanya itu saja (karangan bunga Prof BUS)," tandas pegawai yang tidak ingin disebutkan namanya itu. Ain

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU