Tepat Delapan Hari Pencarian, Gunawan Korban Tanah Longsor Berhasil Ditemukan

author Lestariyono Blitar

- Pewarta

Minggu, 07 Jul 2024 16:52 WIB

Tepat Delapan Hari Pencarian, Gunawan Korban Tanah Longsor Berhasil Ditemukan

i

Petugas saat mengevakuasi jenazah korban. SP/Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Kerja keras team pencarian jasad korban tanah longsor di Desa Bumirejo Kec Kesamben Kabupaten Blitar membuahkan hasil. 

Pencarian korban dilakukan dengan mengerahkan sekitar 150 petugas dari Team Basarnas, BPBD Kab Blitar TNI/POLRI Regu Damkar Kab Blitar dan dibantu masyarakat diawali pukul 07.00 dengan iringan doa akhirnya berhasil menemukan posisi korban Gunawan yang berada selatan TKP berjarak 5 meter di dasar sungai sedalam 1 meter.

Baca Juga: LPG 3 KG Mulai Langka dan Tembus Rp 20 Ribu, Warga Blitar Ngeluh

"Alhamdulillah korban berhasil ditemukan pukul 11.32 di dasar sungai sedalam 1 meter, namun terkubur tanah longsor setinggi 3 meter, posisi korban ditemukan bergeser ke arah selatan 5 meter dari TKP," kata Kapolsek Kesamben AKP Suhartono pada Surabaya Pagi di TKP.

Tampak dalam pencarian korban, seluruh petugas gabungan menyisir seluruh area tanah longsor pada TKP (kandang ayam) milik korban, dan saat ditemukan posisi korban tertelungkup, setelah diketahui posisi korban ratusan petugas melakukan penggalian sehingga korban dapat dievakuasi, selanjutnya diangkat ke permukaan untuk dibawa ke RSUD Ngudi Waluyo Kec Wlingi.

Baca Juga: Pemkab Blitar Komitmen Dukung Koperasi Berkualitas Dipenuhi Beragam Inovasi

"Sekitar 4 jam lebih kita melakukan pencarian, dan akhirnya berhasil kita temukan dekat TKP semula, namun sedikit bergeser sekitar 4-5 meter dari awal korban tertimbun tanah longsor untuk kondisi korban sudah sulit dikenali," terang Ivong Bertyanto Kepala BPBD Kabupaten Blitar.

Untuk diketahui pada Minggu 30 Juni 2024 terjadi tanah longsor di Desa Bumirejo Kec Kesamben Kabupaten Blitar pada pukul 16.00, saat itu yang tertimbun longsor ada 4 orang termasuk Gunawan saat berada di kandang ayam miliknya, dua korban berhasil ditemukan pada 1 Juli 2024 (Senin dini hari) yakni Jarianto dan Mugiono dan Anto berhasil menyelamatkan diri,  sementara saat pencarian Gunawan belum ditemukan, baru hari ke 8, Minggu (7/7) sekitar pukul 11.32 petugas gabungan berhasil menemukan posisi Gunawan tidak jauh dari kejadian.

Baca Juga: Dipertapa Kabupaten Blitar Kembangkan Tembakau Lokal

"Selanjutnya evakuasi korban dirujuk ke RSUD Ngudi Waluyo, setelah dilakukan pemeriksaan team kesehatan, langsung diserahkan kepada pihak keluarga," terang AKP Suhartono

"Jerih payah seluruh petugas dan masyarakat untuk pencarian pak Gunawan Alhamdulilah ditemukan apapun keadaannya, semoga kejadian ini tidak terjadi lagi Mas," ungkap Sutrisno mantan Kepala Desa Bumirejo pada Surabaya Pagi. Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU