12 Agustus, BCA Tutup Layanan Bank Draft Semua Mata Uang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 07 Jul 2024 19:53 WIB

12 Agustus, BCA Tutup Layanan Bank Draft Semua Mata Uang

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) menutup layanan bank draft untuk seluruh mata uang terhitung per 12 Agustus 2024 nanti.

Berdasarkan laman resminya, BCA tidak dapat lagi melayani penerbitan bank draft. Adapun, stop payment dan pembatalan bank draft tetap dapat dilakukan sesuai mekanisme yang berlaku.

Baca Juga: Pertumbuhan Paylater BCA Capai 108 %

"Bank draft yang masih outstanding dapat dicairkan oleh bank tertarik hingga masa berlaku bank draft kedaluwarsa," tulis BCA di laman resminya pada beberapa waktu lalu.

Sementara layanan pencairan bank draft yang terbit sebelum 12 Agustus 2024 akan tetap tersedia hingga 28 Februari 2025 atau hingga masa berlaku bank draft kedaluwarsa.

Baca Juga: BCA Serahkan Bantuan Alat Operasi ke RS Hasyim Asy'ari Jombang

Adapun, bank draft atau wesel bank merupakan metode pembayaran yang mirip dengan cek. Jumlah penerbitan dana dijamin oleh bank yang menerbitkan dengan sumber dana berasal dari rekening bank penerbit.

Pengguna layannya biasanya meminta opsi pembayaran bank draft dalam rangka pembelian besar, seperti uang muka saat membeli properti.

Baca Juga: BCA Resmikan KCU Bukit Darmo Boulevard

Saat pengguna meminta layanan bank draft, bank memastikan penggunanya itu memiliki cukup uang di rekening untuk menutupi jumlah yang diminta. Kemudian, bank menarik uang dari rekening dan memindahkannya ke rekening cadangan bank.

Langkah selanjutnya, bank menyiapkan draft dengan nama pengguna dan jumlah dana yang dibayarkan kepada pihak ketiga atau penerima pembayaran. 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU