Pemkot Mojokerto Kembali Buka Program Beasiswa Kuliah Gratis, Ini Syaratnya!

author Dwi Agus Susanti

- Pewarta

Senin, 08 Jul 2024 18:05 WIB

Pemkot Mojokerto Kembali Buka Program Beasiswa Kuliah Gratis, Ini Syaratnya!

i

Pj Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro. SP/Dwy AS

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Pemerintah Kota Mojokerto kembali membuka pendaftaran calon penerima beasiswa bagi mahasiswa berprestasi tahun 2024. 

Tahap pendaftaran akan dilaksanakan mulai 15 Juli sampai dengan 26 Juli 2024 untuk dilakukan seleksi. Dan pengumuman calon penerima beasiswa akan dilaksanakan pada Bulan Agustus 2024.

Baca Juga: Kick Off ILP Kota Mojokerto, Komitmen Pemerintah Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

Pj Wali Kota Mojokerto, Moh Ali Kuncoro menegaskan Pemkot berkomitmen untuk terus meningkatkan SDM Kota Mojokerto. 

"Untuk pendidikan yang menjadi tanggungjawab pemerintah kota sudah kita intervensi dengan pemberian seragam sekolah, sepatu gratis. Dan untuk pendidikan tinggi kita intervensi dengan pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi,” kata Ali Kuncoro pada Senin (8/7).

Lebih lanjut sosok yang akrab disapa Mas Pj ini menuturkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Mojokerto sudah masuk kategori tinggi yakni berada di angka 80,07%. Salah satu komponen IPM adalah bidang pendidikan yang dihitung berdasar rata-rata lama sekolah (RLS) dan harapan lama sekolah (HLS) yang juga terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Semoga dengan adanya berbagai intervensi dari pemerintah, dapat membentuk SDM Kota Mojokerto yang berkualitas dan memberikan sumbangsih untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045,” harap Mas Pj. 

Baca Juga: Pemkot Mojokerto Dorong Perluasan Transaksi Non Tunai di Tiga Pasar Tradisional

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Disporapar) Kota Mojokerto, Rachmi Widjajati selaku penyelenggara menjelaskan 

bahwa beasiswa ini diperuntukkan bagi warga Kota Mojokerto yang tengah menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri Non Kedinasan jenjang Diploma III, Diploma IV dan Strata 1. 

“Tahun ini kita hanya membuka melalui jalur indeks prestasi. Jadi bagi seluruh warga Kota Mojokerto yang saat ini sedang kuliah di Perguruan Tinggi Negeri Non Kedinasan dengan IPK paling rendah 3,00 dapat mengajukan permohonan beasiswa,” terang Rachmi. 

Baca Juga: Pj Wali Kota Ali Kuncoro Lega, Penerimaan Pajak Daerah Lampaui Target Semester Satu

Lebih lanjut, terkait teknis pendaftaran Rachmi menyampaikan semua berkas persyaratan mulai dari surat permohonan beasiswa, KTP, KK, Kartu Hasil Studi (KHS), surat keterangan sebagai mahasiswa aktif maupun surat keterangan tidak sedang sedang mendapatkan sanksi akademik, dan makalah inovasi dapat langsung dikirimkan melalui tautan https://beasiswa-disporapar.mojokertokota.go.id.

Rachmi juga mengajak para mahasiswa berprestasi yang tertarik untuk mengikuti seleksi beasiswa tersebut bisa mengikuti sosialisasi yang bakal digelar Sabtu, 13 Juli 2024 mendatang.

"Silahkan mendaftar dan datang ke Aula Kelurahan Jagalan untuk mengikuti sosialisasi lebih lanjut terkait pelaksanaan seleksi beasiswa," pungkas Rachmi. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU