Pasar Tani hingga Mangrove Eco Run Siap Meriahkan Peringatan HUT Pertama KRM Surabaya

author Al Qomaruddin

- Pewarta

Senin, 08 Jul 2024 18:40 WIB

Pasar Tani hingga Mangrove Eco Run Siap Meriahkan Peringatan HUT Pertama KRM Surabaya

SURABAYAPAGI, Surabaya - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang pertama Kebun Raya Mangrove (KRM), Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengumumkan sejumlah rangkaian acara bertema "Setahun Bersama Mangrove: Merajut Asa untuk Masa Depan". Sejumlah rangkaian acara itu akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 26-28 Juli 2024 di KRM Gunung Anyar Surabaya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti mengatakan, dalam rangkaian acara itu pihaknya menginginkan keberadaan KRM bisa membawa nuansa yang berbeda. Sekaligus sebagai ajang edukasi dan mengenalkan lebih jauh kepada masyarakat tentang kebun raya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Perkuat Sister City dengan Amerika Serikat

"Nah di dalam momen peringatan ini, kami akan melakukan serangkaian kegiatan dalam rangka ulang tahun Kebun Raya," kata Antiek dalam konferensi pers di Eks Gedung Humas Pemkot Surabaya, Senin (8/7).

Rangkaian HUT pertama KRM dimulai pada Jumat (26/7) dengan kegiatan penanaman bersama 3000 bibit mangrove. Acara ini melibatkan 350 peserta dari berbagai stakeholder. Kegiatan ini akan berlangsung di KRM Gunung Anyar Surabaya mulai pukul 05.30 WIB.

"Penanaman pohon diikuti mulai dari perguruan tinggi, swasta, dari Forum Anak Surabaya (FAS), serta berbagai stakeholder yang lain akan bersama-sama menanam pohon di Kebun Raya Mangrove," ujar Antiek. 

Selain itu, Antiek menuturkan, di hari yang sama pula akan diadakan Workshop bertema "Mangrove For Nature For Future" di Auditorium Kebun Raya Mangrove mulai pukul 08.00 WIB. Workshop akan diikuti Kelompok Kerja Mangrove Daerah dengan kuota 50 peserta dan menghadirkan narasumber dari berbagai stakeholder. 

"Jadi kita ingin di situ semua komunitas, baik mahasiswa, para pemerhati, para stakeholder yang berkaitan untuk lebih meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan, khususnya terhadap tanaman mangrove," tuturnya.

Antiek juga menjabarkan, di hari yang sama, Pemkot Surabaya juga mulai mengadakan kegiatan bertajuk Pasar Tani. Kegiatan Pasar Tani akan berlangsung mulai tanggal 26-28 Juli 2024 di Area Panggung Utama KRM Gunung Anyar. Selama tiga hari, Pasar Tani akan diikuti 20 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan DKPP yang menjual berbagai produk pertanian dan perikanan segar. "Jadi kita mengkolaborasikan para petani dan nelayan untuk bisa menjual produk-produk mereka. Tentunya pasti dengan harga lebih murah dari harga di luar," bebernya.

Kemudian pada hari kedua, Sabtu (27/7), peringatan HUT KRM Surabaya akan dimeriahkan dengan ajang kreativitas anak mewarnai bersama. Kegiatan ini diikuti sekitar 100 anak PAUD di area depan Panggung Utama mulai pukul 07.30 WIB.

Menurut Antiek, kegiatan ini sekaligus untuk memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2024. Karena itu, acara juga dimeriahkan berbagai kegiatan Parade Suara Anak, seperti gerak dan lagu, kolase ayah-anak, bercerita, serta menggambar yang diikuti sekitar 403 anak. "Jadi kita juga ada lomba-lomba yang kita gelar. Lomba ini merupakan ajang kreativitas untuk anak-anak PAUD," imbuhnya.

Baca Juga: Innovation Day 2024 : Schneider Electric Dukung Transformasi Digital di Surabaya

Selain Parade Suara Anak, Pemkot Surabaya juga menyelenggarakan kegiatan bertajuk Live Cooking Olahan Seafood pada hari kedua. Kegiatan ini dipusatkan di Panggung Utama mulai pukul 09.20 WIB dan diikuti 100 ibu pendamping ajang kreativitas anak mewarnai, PKK 153 kelurahan serta Bunda Paud.

"Melalui kegiatan ini kita ingin memberikan edukasi kepada para orang tua, bagaimana kita mampu mengolah aneka masakan dari ikan yang bergizi untuk anak-anak kita dengan bahan yang murah dan menarik," jelas Antiek.

Pada hari kedua ini, Pemkot Surabaya juga mengadakan acara mendongeng untuk pelajar jenjang SD dengan tema "Habitat Hutan Mangrove". Kegiatan ini akan menampilkan 10 finalis terbaik dari kelas 3, 4, dan 5 di Panggung Utama KRM Gunung Anyar mulai pukul 08.00 WIB.

Sementara di hari terakhir atau puncak acara pada Minggu (28/7), kegiatan akan diwarnai dengan Mangrove Eco Run. Event lari ini akan melibatkan 1000 peserta dengan rute 5k dan 10k. Setiap pembelian tiket senilai Rp200 ribu akan berkontribusi pada penanaman satu bibit mangrove. Nah, bagi 100 pendaftar pertama, berkesempatan mengikuti kegiatan penanaman mangrove bersama pada Jumat (26/7).

"Jadi barang siapa saja yang ikut kegiatan Mangrove Eco Run berarti dia juga berkontribusi melakukan penanaman mangrove. Karena kalau ia mendaftar, maka dia akan mendapatkan pohon yang akan ditanam di mangrove," sebut Antiek.

Baca Juga: Inovasi Kesehatan: Surabaya Hadirkan R1N1 dengan Ribuan Tenaga Kesehatan di Setiap RW

Untuk memeriahkan HUT pertama KRM, DKPP Kota Surabaya sebelumnya juga mengadakan awarding Lomba Fotografi & Videografi dengan tema "Labirin Hijau dan Cerita di Dalamnya". 100 karya terbaik lomba akan dipamerkan di Kebun Raya Mangrove selama 26-28 Juli 2024.

"Lomba ini terbuka untuk umum. Para pemenang nantinya akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan, sertifikat dan sebagainya yang nanti diserahkan Wali Kota Eri Cahyadi di Panggung Utama pada Minggu, 28 Juli 2024," paparnya.

Oleh sebab itu, Antiek mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta dalam perayaan HUT pertama Kebun Raya Mangrove Surabaya. "Jadi ayo warga Surabaya maupun warga luar Surabaya untuk ikut meramaikan rangkaian acara ini. Khususnya Mangrove Eco Run pada hari Minggu," pungkasnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai rangkaian acara dan pendaftaran peringatan HUT pertama KRM, masyarakat bisa mengunjungi situs web resmi dkpp.surabaya.go.id atau menghubungi kontak person di nomor 0823-3710-6710. Alq

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU