Pameran Story UKM CIPHOC 2024 di Dewan Kesenian Surabaya Pada Pekan Ini

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 09 Jul 2024 19:52 WIB

Pameran Story UKM CIPHOC 2024 di Dewan Kesenian Surabaya Pada Pekan Ini

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Gelar Pameran Photo Story yang diselenggarakan Unit Kegiatan Mahasiswa Communication Photography Club (CIPHOC) menampilkan puluhan foto yang berlangsung 9 - 13 Juli 2024 diselenggarakan di Dewan Kesenian Surabaya (DKS), Gedung Balai Pemuda Surabaya, Kota Surabaya, Selasa (9/07/2024).

Pameran Photo Story ini mengusung tema “Zona Cerita” yakni rangkaian beberapa foto yang disajikan menjadi bentuk cerita yang menginspirasi serta mampu menyentuh emosi pembaca. Selain foto dalam penyajiannya juga terdapat naskah cerita yang akan mengarahkan pembaca pada intisari cerita.

Baca Juga: Innovation Day 2024 : Schneider Electric Dukung Transformasi Digital di Surabaya

Ketua pelaksana, Muhamad Taufik menyampaikan bahwa pameran kali ini merupakan hasil dari representasi ide dan gagasan pengkarya menjadi visual yang bisa di nikmati oleh para pengunjung.

“Pameran kali ini selain menjadi ajang menunjukan eksistensi melalui karya fotografi, disini kami bisa berbagi edukasi dan inspirasi dalam satu zona cerita,” ujarnya saat ditemui usai pembukaan pameran 9 Juli 2024.

Taufik menjelaskan bahwa Pameran kali ini dari segi proses berbeda dengan pameran sebelumnya yang mana kami bekerja sama dengan Foto Jurnalis Bahana Patria Gupta selaku mentor yang mendampingi kami dari berkarya hingga penataan galeri.

“Terdapat mentor dari foto jurnalis ‘Bahana Patria Gupta’ yang mendampingi kami dalam proses pameran sehingga menjadi satu kesatuan di galeri yang bisa kami sajikan untuk di nikmati Bersama - sama.” tambahnya.

Bahana Patria Gupta seorang foto Jurnalis Harian Kompas sekaligus mentor dalam pameran ini menyampaikan, fotografi itu bersifat Legaliter yang mana membuat karya setidaknya dengan berbagi cerita ini sudah mengajarkan tentang kepedulian terhadap sekitar melalui media fotografi. Sebagai fotografer bukan hanya bicara tetapi juga berkarya.

Baca Juga: Inovasi Kesehatan: Surabaya Hadirkan R1N1 dengan Ribuan Tenaga Kesehatan di Setiap RW

“Yang paling mengesankan buat saya sebagai pengajar fotografi, selain sebagai foto jurnalis itu adalah melihat sesuatu yang sebelumnya hanya dalam pikiran, kemudian bisa di realisasikan menjadi karya fotografi yang fisiknya bisa kita lihat adalah sebuah kebahagiaan,” ucapnya.

Wakil Rektor III Dr. Drs. Sucipto, M.Si juga mengatakan UKM CIPHOC selama ini sudah terkenal tidak berhenti menghasilkan karya – karya fotografi, namun pada kesempatan kali ini CIPHOC bisa membawa kreatifitasnya diluar yang mana bisa di nikmati oleh Masyarakat umum diluar Universitas Dr. Soetomo.

Baca Juga: Pemkot Surabaya akan Tambah Sekolah Negeri

“Ini menjadi kesempatan bagus dan dimanfaatkan semaksimal mungkin, dengan adanya mentor dari wartawan jurnalistik bisa belajar dan mengangsu ilmu serta pengalaman, sehingga apa yang sudah dilakukan menjadi sesuatu yang baik untuk melakukan evaluasi untuk perkembangan kreatifitas.” Ujarnya.

Pameris yang terlibat sebagai Pameris dalam Pameran Photo Story “Zona Cerita” diantaranya Putri Yeza, Andika Setiyadi, M Rifaldy Kotawasi, Muhammad Taufik, Siti Aisah, Nikmatus Solichah dan Nur Jannah dengan menampilan 7 (tujuh) karya di Dewan Kesenian Surabaya (DKS), Gedung Balai Pemuda Surabaya pada tanggal 9 – 13 Juli 2024.

Selain menampilan karya foto cerita dalam rangkaian acaranya pameran ini akan di meriahkan oleh penampilan Tegar Maulana Razzak merupakan Musisi Disabilitas sekaligus salah satu objek yang ceritanya di angkat dalam pameran ini dan Band Konspirasi yang akan tampil pada hari puncak Pameran Photo Story “Zona Cerita”. Zis

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU