Kreasi Menu Olahan Ikan Semakin Bervariasi di Lomba Masak Ikan Surabaya 2024

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 10 Jul 2024 19:19 WIB

Kreasi Menu Olahan Ikan Semakin Bervariasi di Lomba Masak Ikan Surabaya 2024

SURABAYAPAGI, Surabaya - Semarak pagelaran Lomba Masak Ikan Tingkat Kota Surabaya Tahun 2024, sebuah acara tahunan yang selalu dinanti. Bertempat di Convention Hall Arief Rahman Hakim pada Rabu (10/7/2024), Pemerintah Kota Surabaya bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani, mengajak warga untuk berkreasi dalam mengolah ikan laut.

Lomba kali ini tidak hanya menampilkan menu utama untuk keluarga dan balita, tetapi juga mengundang peserta untuk menciptakan berbagai kudapan menarik seperti snack dan kue kering. Kreasi menu yang semakin bervariasi ini menunjukkan bagaimana olahan ikan dapat menjadi alternatif yang lezat dan sehat bagi masyarakat.

Baca Juga: Wali Kota Eri Gandeng Aksi Cinta Indonesia Gelar ‘Arek Suroboyo Goes To School’

Ketua TP PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani, menuturkan bahwa hasil kreasi para peserta akan dihimpun menjadi buku resep. "Nanti kita sebarkan agar bisa menjadi alternatif ibu-ibu muda yang mempunyai balita sehingga anak-anaknya bisa gemar makan ikan," ujarnya.

Setelah berkeliling meninjau dan mencicipi berbagai olahan ikan, Rini Indriyani merasa optimis bahwa inovasi menu ini akan membantu anak-anak menyukai ikan. "Ada nugget, sus, kue talam, bahkan kue kering yang semuanya berbahan dasar ikan laut. Dengan menu yang beragam, anak-anak akan lebih tertarik mengkonsumsi ikan," jelasnya.

Ia juga mengajak anak-anak Kota Surabaya untuk belajar mengonsumsi ikan karena kandungan gizi dan proteinnya yang tinggi. Pemkot Surabaya dan PKK akan menggelar sosialisasi untuk para orang tua agar lebih memahami cara mengolah ikan yang menarik bagi anak-anak.

Baca Juga: Surabaya Terbukti Sukses: Strategi Efektif Mengentaskan Kemiskinan

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti, menambahkan bahwa lomba tahun ini mengusung tema "Kreasi Menu Olahan Ikan Menuju Generasi Emas Surabaya". Lomba diikuti oleh TP PKK dari 31 kecamatan, dengan durasi memasak 20 menit. Pemenang dari lomba ini akan mewakili Kota Surabaya di tingkat Provinsi Jawa Timur.

"Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta, mempromosikan konsumsi ikan kepada masyarakat, dan mendukung program nasional Gerakan Gemar Makan Ikan yang telah dicanangkan sejak tahun 2004," ujar Antiek.

Baca Juga: Antusiasme Warga Sukolilo Terhadap Gerakan Pangan Murah di Surabaya

Pada kesempatan tersebut, Rini Indriyani bersama Antiek Sugiharti menyerahkan hadiah kepada para pemenang. Juara pertama diraih oleh Kecamatan Gunung Anyar, juara kedua oleh Kecamatan Jambangan, dan juara ketiga oleh Kecamatan Genteng.

Lomba Masak Ikan Tingkat Kota Surabaya 2024 tidak hanya sekedar ajang kompetisi, tetapi juga wadah bagi masyarakat untuk berinovasi dalam mengolah ikan, serta mempromosikan gaya hidup sehat melalui konsumsi ikan yang beragam dan menarik. Semoga ke depannya, semakin banyak kreasi olahan ikan yang dapat dinikmati oleh seluruh warga Surabaya, khususnya anak-anak. Zis

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU