Resmi, Presiden Jokowi Lantik Azwar Anas Sebagai Menpan RB

surabayapagi.com
Proses Pelantikan Abdullah Azwar Anas sebagai Menpan RB di Istana Jakarta

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Abdullah Azwar Anas resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) di Istana Negara Jakarta, Rabu (7/9/2022) pukul 13.30 WIB.

"Bersediakah saudara untuk diambil sumpah menurut agama Islam?," kata Presiden Jokowi saat pelantikan, Rabu (7/9/2022).

Baca juga: Hari Kamis, Presiden Jokowi Dijadwalkan ke Surabaya

"Bersedia," jawab Azwar Anas.

Jokowi kemudian mengambil sumpah Azwar Anas sebagai menteri.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya," kata Jokowi yang diulangi oleh Azwar Anas.

Baca juga: Jokowi Berbunga-bunga, Tudingan Politisasi Bansos tak Terbukti

Pelantikan Azwar Anas berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 91P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024. Prosesi pelantikan dihadiri dengan jumlah tamu terbatas dan menjaga protokol kesehatan.

Azwar Anas resmi menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia, beberapa waktu lalu. Sebelumnya Tjahjo Kumolo meningal dunia pada 1 Juli 2022. Posisi Menpan-RB definitif sudah kosong selama lebih dari dua bulan setelah Tjahjo wafat.

Baca juga: Franz Magnis: Presiden Gunakan Kekuasaannya Untungkan Beberapa Pihak, Sama Seperti Mafia

Diketahui sebelumnya, Azwar Anas terakhir menjabat sebagai Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) terhitung sejak 13 Januari 2022 lalu.

Nama Azwar Anas juga pernah melambung ketika menjabat sebagai Bupati Banyuwangi. Bahkan dia menjabat hingga 2 periode, sejak 21 Oktober 2010 hingga akhir jabatannya pada 17 Februari 2021. Menduduki kursi bupati, Azwar banyak mendapatkan dukungan dari Nahdatul Ulama (NU). Selain itu, Azwar Anas sendiri merupakan politisi PDI Perjuangan, sama dengan mendiang Tjahjo Kumolo. jk

Editor : Redaksi

Ekonomi dan Bisnis
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru