AH Thony akan Upayakan Ada Pertemukan Pemkot, Dewan, Perwakilan NU, dan Ahli Waris untuk Makam KH Mas Alwi Abdul Aziz

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 04 Nov 2021 20:11 WIB

AH Thony akan Upayakan Ada Pertemukan Pemkot, Dewan, Perwakilan NU, dan Ahli Waris untuk Makam KH Mas Alwi Abdul Aziz

i

Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Mengingat kondisi makam salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Mas Alwi Abdul Aziz sangat memprihatinkan, Wakil Ketua DPRD Surabaya AH Thony mendorong adanya langkah tepat untuk merawat makam tokoh besar tersebut. 

Menurutnya Perlu adanya pertemuan beberapa pihak. Mulai dari pemerintah kota (pemkot) Surabaya, dewan legislatif, perwakilan NU, hingga ahli waris.

Baca Juga: Demokrat Surabaya: Tidak Ada Kecelakaan Lalu Lintas

Thony beranggapan bahwa ada dua pilihan. untuk pembangunan makam. Pertama, makam bisa direlokasi ke kompleks Nderesmo. Dalam perpindahan tersebut, tentu saja harus memperhatikan aturan-aturan kecagarbudayaan.

Opsi kedua adalah revitalisasi. Yakni, dengan membangun kembali makam dengan arsitektur yang lebih megah. Akses jalan menuju makam juga harus diperluas. Selain itu, jika revitalisasi, harus ada solusi juga untuk rumah-rumah penduduk di kompleks makam tersebut.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Terus Dongkrak Produktivitas Pertanian di Dalam Kota

Thony memastikan pihaknya bakal terus mengawal permasalahan tersebut hingga tuntas. "Dewan bakal menjembatani diskusi semua pihak agar tercapai jalan keluar terbaik," ujarnya.

Hal itu didukung oleh Muhaimin. Relokasi atau revitalisasi merupakan dua pilihan yang sama-sama baik, namun tetap harus melalui diskusi berbagai pihak. Baginya, makam harus dibangun dengan lebih baik sebagai tanda KH Mas Alwi merupakan tokoh besar.

Baca Juga: Sub PIN Polio Kedua di Surabaya Melebihi Target

"Pastinya, NU Cabang Surabaya harus bersinergi dengan Pemkot, dewan, dan ahli waris untuk pemecahan masalah ini," ungkap Muhaimin. Alq

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU