Dorong Pertumbuhan UMKM di Masa Pandemi, Pelindo Berikan 3,2 Miliar Pinjaman Modal

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 25 Jan 2022 17:26 WIB

Dorong Pertumbuhan UMKM di Masa Pandemi, Pelindo Berikan 3,2 Miliar Pinjaman Modal

i

CEO Pelindo Sub Regional Jatim Onny Djayus saat mempromosikan produk UMKM Surabaya.SP/SAMMY MANTOLAS

SURABAYAPAGI, Surabaya - PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Sub Regional Jawa Timur menggelontorkan dana sebesar Rp 3,2 miliar bagi pelaku UMKM yang berada di Surabaya.

Dari data yang dikumpulkan Surabaya Pagi, setidaknya ada sekitar 464 UMKM yang terdaftar dalam penerima bantuan modal tersebut.

Baca Juga: Wali Kota Pasuruan Gus Ipul Apresiasi Pelindo III

Menurut CEO Sub Regional Jatim Onny Djayus, pemberian bantuan modal tersebut sebagai katalisator dalam mendorong pertumbuhan ekonomi UMKM selama masa pandemi Covid-19 berlangsung.

"Ini merupakan salah satu upaya kita membantu saudara kita yang bergerak di UMKM melalui program TJSL kita," kata Onny Djayus, Selasa (25/01/2021).

Perlu diketahui, selama pandemi, Komnas UKM pada 2021 mencatat setidaknya ada sekitar 19 persen atau hampir 11 juta UMKM yang bangkrut. Dan sekitar 21,4 persen UMKM atau 13,7 juta yang berpotensi bangkrut

Ditambah lagi, adanya kenaikan suku bunga bank semakin mempersulit UMKM dalam mencari permodalan. Data dari laman bankjatim.co.id, tingkat suku bunga dasar kredit untuk segmen bisnis kredit mikro per Agustus 2021 adalah sebesar 11,30 persen. Sementara untuk kredit retail sebesar 6,94 persen dan kredit korporasi 5,99 persen.

Baca Juga: Penumpang Kapal Laut Naik 102 Persen Jelang Lebaran 2022

Oleh karenanya, dengan adanya bantuan modal tersebut diharapkan mampu memperbaiki permodalan serta pertumbuhan UMKM di Surabaya.

Selain pemberian bantuan modal, Pelindo juga membuka gerai gratis bagi UMKM. Tujuannya adalah agar para UMKM dapat memasarkan produknya tanpa harus merasa khawatir dengan biaya sewa tempat.

Hingga saat ini setidaknya ada 11 UMKM di Surabaya yang telah memanfaatkan fasilitas gratis dari Pelindo. Diharapkan kedepannya, para UMKM yang belum bergabung dapat terlibat dalam program pemberdayaan UMKM yang dilakukan oleh perusahaan plat merah ini.

Baca Juga: Pemudik Via Kapal Laut Diprediksi Capai 1,4 Juta, Pelindo Regional 3 Siapkan 20 Terminal

"Nantinya ini akan banyak lagi yang bisa berjualan disini dan saya mengajak seluruh pegawai untuk ikut meramaikan gerai ini" ucapnya

Sementara itu, Khusnan salah satu pengusaha UMKM susu perah dalam kemasan yang produknya dipasarkan dalam gerai UMKM Pelindo, menyebut dirinya sangat terbantu. Menurutnya bantuan modal dan gerai UMKM seperti yang dihadirkan Pelindo ini bisa mengurangi beban sewa lahan atau toko yang cukup besar.

"Tentunya senang sekali bisa dapat lokasi jualan gratis kita tinggal naruh barang saja, sudah ada yang jaga juga jadi lumayan gak keluar banyak uang buat sewa tempat, selain itu saya bisa menambah jaringan pemasaran produk saya" aku Khusnan.sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU