Libur Lebaran, Potensi Pendapatan Kota Batu Capai Rp 2M

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 27 Apr 2023 12:10 WIB

Libur Lebaran, Potensi Pendapatan Kota Batu Capai Rp 2M

i

Alun-alun Kota Batu.

SURABAYAPAGI.COM, Batu - Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengatakan bahwa libur Lebaran 2023 ini membawa keberuntungan berkah dan mendongrak perekonomian Kota Batu.

Hal tersebut disebabkan lantaran potensi pendapatan daerah Kota Batu meningkat pesat selama tujuh hari libur lebaran.

Baca Juga: PHRI: Ekonomi Lesu jadi Penyebabnya

Aries menuturkan, jumlah kendaraan keluar masuk Kota Batu mencapai 786.309 unit pada periode 18 - 25 April 2023. Angka tersebut meningkat sebesar 27,30 persen jika dibanding hari libur biasa.

Kepala BPSDM Jatim ini mengungkapkan, angka tersebut terpantau dari Intellegent Traffic System (ITS). Ia menyebut, puncak kepadatan terjadi pada tanggal 24 April 2023 dengan jumlah kendaraan mencapai 123.606 unit.

Ia menerangkan, potensi pendapatan daerah kota Batu mencapai Rp 2,170 Milyar selama 7 hari libur lebaran.

Prediksi ini dihitung dari pemasukan pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak parkir dan retribusi parkir, dengan okupansi hotel mencapai 70-85 persen dan potensi omzet pendapatan mencapai Rp 21,922 Milyar.

Maka dari itu, Aries bersama pimpinan OPD berupaya memberikan keamanan dan kenyamanan kepada wisatawan yang hadir di Kota Batu dengan melakukan pengecekan langsung ke lokasi wisata.

Baca Juga: Pj Wali Kota Batu Berharap Kopi Jadi Produk Unggulan

"Selama libur lebaran, saya bersama pimpinan OPD selalu berkeliling ke tempat wisata untuk memastikan pelayanan diberikan dengan baik. Alhamdulillah semua sudah berjalan sesuai yang diharapkan," kata Arief, Rabu (26/4/2023).

Aries pun berharap, bukan hanya saat libur lebaran, namun saat akhir pekan dan juga agenda libur lainnya, pelayanan terhadap wisatawan agar terus ditingkatkan, sehingga wisatawan akan selalu ingin kembali dan menikmati keindahan Kota Batu.

"Saya berharap pelayanan terbaik kita berikan sehingga wisatawan akan nyaman dan selalu ingin kembali menikmati keindahan dan kesejukan Kota Batu," harapnya.

Baca Juga: Tekan Inflasi dan Jaga Harga Bapok, Pemkot Batu Gencar Tanam Bibit Cabai

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen mulai dari Pemerintah, Polri, TNI, hingga seluruh masyarakat atas perannya dalam menjaga keamanan dan ketertiban saat berlalu lintas selama libur lebaran.

Aries menyebur, jika selama libur lebaran tahun ini semua tertangani dengan baik, terutama arus kendaraan.

"Terima kasih kepada seluruh OPD yang terlibat secara langsung dalam pengamanan arus lebaran, juga kolaborasi dan sinergi bersama jajaran Polri dan TNI, ormas dan seluruh peran serta masyarakat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan di Kota Batu," pungkasnya. bt

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU