Kilang Minyak Canggih Bakal Dibangun di Tuban

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 20 Jul 2023 15:02 WIB

Kilang Minyak Canggih Bakal Dibangun di Tuban

i

Ilustrasi kilang minyak. Foto: Pertamina.

SURABAYAPAGI.COM, Tuban - Kilang minyak super canggih dipastikan akan dibangun di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Indonesia dan Rusia menjadi motor penggerak investasi pembangunan kilang minyak ini.

Indonesia yang diwakili PT Pertamina bakal memiliki saham sebesar 55 persen, sedangkan sisanya milik Rusia, migas Rosneft. Rosneft diketahui merupakan sebuah perusahaan Rusia yang bergerak di bidang ekstrasi dan minyak.

Baca Juga: Korban Gempa di Bawean dan Tuban Terima Bantuan

Pertamina dan Rosneft bahkan telah menandatangani kontrak desain Kilang Tuban dengan kontraktor terpilih pada Oktober 2019.

Tak tanggung-tanggung, biaya untuk membangun kilang minyak ini mencapai Rp238,25 triliun. Dana ini masuk sebagai bagian dari investasi kilang minyak Tuban.

Baca Juga: Ditinggal Shalat Tarawih, Kandang Sapi di Tuban Hangus Terbakar Gegara Bediang

Adapun lahan yang disiapkan untuk pembangunan kilang minyak ini mencapai 841 hektar. Dengan demikian, proyek kilang minyak ini memiliki nilai investasi tinggi.

Dikutip dari laman ESDM, pembangunan kilang minyak Tuban merupakan proyek yang sangat strategis. Pasalnya, kilang minyak Tuban bakal memproduksi sebesar 300.000 barel minyak per hari dan produksi petrochemical mencapai 4.250 kilo ton per annum (ktpa). 

Baca Juga: Kemenag: Kabupaten Tuban Dapat Urutan Pertama Keberangkatan Haji 2024

Selain itu, Kilang Tuban juga akan memproduksi bahan bakar minyak (BBM) dengan kualitas Euro V (BBM ramah lingkungan) yakni gasoline sebesar 80.000 barel per hari dan diesel sebesar 98.000 barel per hari. 

Dengan adanya pembangunan kilang minyak di Tuban ini, diharapkan semakin banyak lapangan kerja yang disediakan bagi warga sekitar pembangunan. tbn

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU