Dinkopdag Surabaya Diminta Bantu Selesaikan Kemiskinan dan Pengangguran

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 08 Agu 2023 15:06 WIB

Dinkopdag Surabaya Diminta Bantu Selesaikan Kemiskinan dan Pengangguran

i

Pelantikan para pejabat Pemkot Surabaya di Graha Sawunggaling Kota Surabaya, Senin (7/8/2023). Foto: Pemkot Surabaya.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi melantik Dewi Soeriyawati sebagai Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya yang baru pada Senin (7/8/2023).

Dalam kesempatan itu, Eri mengintruksikan agar Dinkopdag segera bergerak untuk membantu OPD lainnya menuntaskan kemiskinan di Kota Pahlawan.

Baca Juga: Solid, Ratusan Kader PDI-PJatim Hadiri Rakernas di Jakarta

"Kami di Pemkot Surabaya berbagi tugas untuk mempercepat penurunan kemiskinan dan pengangguran ini lewat berbagai intervensi yang diampu oleh masing-masing dinas. Dinkopdag misalnya, bertanggungjawab dalam program padat karya bagi para penjahit," kata Eri, Senin (7/8/2023).

Dengan adanya pelantikan tersebut, pihaknya berharap, kerja bawahannya tersebut segera optimal. Pasalnya, posisi Kepala Dinkopdag sempat kosong selama beberapa bulan terakhir.

Sementara itu, sebagai Kepala Dinkopdag Kota Surabaya yang baru, Dewi mengaku telah memiliki sejumlah rencana teknis kerja.

"Kami diminta menyelesaikan kemiskinan lewat padat karya," ujar Dewi.

Mantan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) ini menyebut bahwa pihaknya diminta untuk menyelesaikan persiapan seragam sekolah untuk siswa di Dinas Pendidikan dalam waktu dekat.

Baca Juga: Semarak HLUN ke 28, Dinsos Jatim Sajikan 'Sate Lansia' di Tujuh Kabupaten

Untuk diketahui, seragam sekolah yang dibagikan kepada siswa kurang mampu tersebut merupakan buatan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) penjahit di Surabaya.

"Untuk seragam sekolah, kami diminta untuk memastikan siswa bisa segera menerima. Di Dinkopdag, kami memang bertanggungjawab terhadap beberapa kegiatan (padat Karya). Di antaranya, (pembuatan) seragam, sepatu, hingga cuci sepatu dan beberapa kegiatan lain," terangnya.

Selain itu, Dewi juga mengaku menjalin kolaborasi dengan perusahaan untuk menyalurkan tenaga terampil.

Baca Juga: 11 Hari Operasional Haji, Embarkasi Surabaya Telah Berangkatkan 38 Kloter

"Kami juga diminta untuk mencarikan pekerjaan kepada masyarakat miskin ini," tandasnya.

Sebagai informasi, dalam kesempatan itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi merotasi sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya.

Selain Dewi, ada 3 Kepala Dinas, 1 Asisten Pemerintah dan 1 Staf Ahli beserta ratusan pegawai struktur maupun fungsional yang juga dilantik di hari yang sama. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU