Home / LifeStyle : Jumat Berkah

Taubat Nasuha

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 19 Okt 2023 20:56 WIB

Taubat Nasuha

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Dalam suatu majelis taklim, ada jamaah yang menanyakan taubat nasuha. Ustadah yang mengisi majelis itu mengatakan orang yang bertaubat dari dosa tidak harus mengerjakan shalat taubat.

Kecuali bila ia ingin bertaubat secara sungguh-sungguh (taubat nasuha) dari satu dosa. Ia ambil air wudhu dan shalat. Itu lebih utama.

Baca Juga: Assalamualaikum

Apa makna taubat nasuha itu?. Al-Hafizh Ibnu Katsir berkata dalam kitab tafsirnya: "artinya taubat yang sebenarnya dan sepenuh hati, akan menghapus keburukan-keburukan yang dilakukan sebelumnya, mengembalikan keaslian jiwa orang yang bertaubat, serta menghapus keburukan-keburukan yang dilakukannya."

Dikutip dari buku “Cara Beratubat Menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah” karya Syaikh Muhammad bin Ibrahim al-Hamd, pengertian dari taubat nasuha adalah taubat yang dilakukan dengan penuh keikhlasan, kejujuran, kemurnian, dan ketulusan dengan alasan hanya Allah SWT, serta terbebas dari cacat dan cela.

Melakukan sholat taubat dan berdoa memohon ampunan Allah SWT. Menyesali sepenuhnya perbuatan dosa yang telah dilakukan. Berjanji untuk tidak mengulanginya kembali dengan sungguh-sungguh.

Niat dan Cara Sholat Taubat Nasuha, yakni diawali membaca niat “Usholli sunnatat taubati rok'ataini mustaqbilal qiblati lillahitaala.”

Kemudian Takbiratul ihram dan dilanjutkan membaca doa iftitah. Lalu membaca Al-Fatihah dan surat pendek Al-Quran, dilanjut Rukuk (membaca tasbih saat rukuk sebanyak tiga kali), I'tidal (membaca doa I'tidal).

Lalu apa dampak positif dari taubat?

Hikmah taubat yang pertama adalah taubat akan membawa kesuksesan sebagaimana yang tercantum dalam Al-Quran pada surat An Nur ayat 31. Dan contoh kesuksesan yang akan didapat ialah kekayaan, anak-anak, peningkatan produktivitas dan keberkahan.

Baca Juga: Puasa Asyura

Juga cara mandi tobat yang benar harus dipahami oleh semua umat muslim. Pasalnya, jika tidak dilakukan dengan benar, dikhawatirkan tobat atau ibadah yang dilakukan tidak diterima oleh Allah SWT. Penting untuk dipahami, bahwa mandi tobat dilakukan sebelum solat tobat.

Tata Cara Mandi Taubat adalah membaca niat mandi taubat, membasuh kedua telapak tangan sampai sela-sela jari. Lalu basuh kedua tangan sebanyak 3 kali.

Kemudian, basuhlah kemaluan dengan air hingga bersih menggunakan tangan kiri.

Berapa rakaat sholat taubat nasuha?

Sholat ini dapat dikerjakan paling sedikit sejumlah dua rakaat dan paling banyak enam raka'at. Pada setiap dua rakaatnya satu kali salam seperti hadits Nabi Muhammad SAW mengenai sholat sunnah. Arab latin: "Astaghfirullaahal'adziim, alladzii laa Ilaaha illa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaiih."

Baca Juga: Bulan Muharram, Bulan Mulia

Para ulama menetapkan syarat sebuah tobat dikatakan sebagai tobat nasuha, yakni, Pertama: Bersegera meninggalkan dosa. Kedua: Menyesal atas apa yang telah dikerjakan. Ketiga: Bertekad untuk tidak mengulangi kembali kemaksiatan tersebut. ([email protected])

 

Oleh:

Lordna Putri

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU