Segera Bentuk UPT Baru, Diskopukmperindag Kota Mojokerto Studi Lapangan ke Surakarta

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 10 Nov 2023 17:05 WIB

Segera Bentuk UPT Baru, Diskopukmperindag Kota Mojokerto Studi Lapangan ke Surakarta

i

Kunjungan Diskopukmperindag Kota Mojokerto ke sentra IKM Surakarta.

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto - Diskopukmperindag Kota Mojokerto melakukan kunjungan lapangan ke Sentra IKM Kreatif Harmoni Semanggi, Kota Surakarta.

Kunjungan selama dua hari, 9 -10 November 2023 ini diikuti oleh seluruh calon pengelola UPT Sentra Industri IKM Batik dari Bidang Industri serta Sekretariat Diskopukmperindag sebanyak 30 orang.

Kepala Diskopukmperindag Kota Mojokerto, Ani Wijaya mengatakan kunjungan ini untuk mematangkan rencana pengoperasionalan UPT (Unit Pelaksana Tekhnis) Layanan Industri pengelolaan Sentra IKM (Industri Kecil Menengah) Batik yang akan dibentuk akhir tahun nanti.

UPT baru ini berfungsi untuk mengelola gedung sentra IKM batik Bharata Maja Wastra Kota Mojokerto yang mulai difungsikan tahun depan. 

Dan juga melaksanakan operasional sentra IKM yang meliputi peningkatan ketrampilan, penguasaan teknologi, pengembangan produksi dan fasilitasi pemasaran bidang industri kecil dan menengah.

Tak hanya itu, UPT Layanan Industri ini juga melaksanakan tugas ketatausahaan serta penyelenggaraan pengelolaan UPT Sentra IKM batik. Termasuk juga pelaporan pelaksanaan tugas UPT dan pelaksanaan pengawasan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan kegiatan sentra IKM batik.

"Inilah yang jadi alasan utama kita berkunjung ke Surakarta, guna melihat dari dekat bagaimana mengelola Sentra IKM Batik. Karena Kota Surakarta juga mendapat DAK Fisik bidang yang sama," terangnya.

Masih kata Ani, kunjungan ini juga bertujuan untuk menggali informasi terkait layanan atau jasa apa saja yang diberikan. Termasuk , sumber pendanaan untuk operasional Sentra IKMnya.

"Kami juga ingin mengerti soal upaya yang dilakukan dalam menarik wisata atau masyarakat agar mengunjungi sentra IKMnya. Juga soal hambatan atau kendala yang dihadapi di perjalanannya selama ini," ujarnya.

Ia berharap, kunjungan lapangan ini bisa memberikan output yang luar biasa bagi UPT Layanan Industri pengelolaan Sentra IKM batik Kota Mojokerto mendatang.

"Kita ingin mengambil pelajaran (best practice) dari pengelolalan Sentra IKM Kreatif dan mempersiapkan SDM, stakeholder terkait payung hukum pembentukan UPT sentra IKM batik. Disamping juga mengambil hal-hal yang positif untuk diterapkan pada Sentra IKM Batik Kota Mojokerto," pungkasnya

Sekedar informasi, Pemerintah Kota Mojokerto mendapat kucuran DAK fisik senilai Rp. 15,8 miliar untuk pembamgunan Gedung Sentra IKM Batik di Jalan Kedungsari samping Kelurahan Gunung Gedangan, Kecamatan Magersari. Proyek dari Kementerian Perindustrian RI ini bakal rampung pengerjaannya akhir tahun 2023 nanti. Dwi

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU