Home / Opini : Jumat Berkah

Berilmu

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 16 Nov 2023 20:36 WIB

Berilmu

"Berilmulah sebelum kamu berbicara, beramal, atau beraktivitas." (HR Bukhari).

 

Baca Juga: Assalamualaikum

 

Itu pesan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dalam hadits sahihnya. Pesan spiritualnya kepada kita, kapan pun, dimana pun dan dengan siapa pun kita mau bicara, gunakan ilmu. Disana ada akal.

Jadi menuntut ilmu wajib atas setiap orang Islam. Ini karena ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mendapatkan wahyu adalah ayat tentang ilmu yakni Iqra (bacalah).

Bahkan ilmu adalah warisan para Nabi

Hal ini sebagaimana dinyatakan oleh hadits

"Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim" (HR. Ibnu Majah no. 224, dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, dishahihkan Al Albani dalam Shahiih al-Jaami'ish Shaghiir no. 3913).

Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda

"Apabila anak Adam meninggal dunia maka terputus semua amalnya (tidak bisa lagi menambah pahala) kecuali 3 orang, yaitu shadaqah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan orang, atau anak shaleh yang mendoakan orangtuanya." (HR. Muslim no. 1631).

Juga diingatkan orang berilmu akan dicintai Allah. Hal ini sebagaimana dinyatakan dalam hadits

"Siapa yang Allah kehendaki kebaikan padanya maka Dia akan menjadikannya mendalami agama. Aku hanya berbagi dan Allah yang memberi. Akan senantiasa ada sekelompok dari umat ini yang tegak di atas perintah Allah, orang yang menyelisihi mereka tidak akan membahayakan mereka hingga datang hari Kiamat." (HR. Al-Bukhari no. 3971 dan Muslim no. 1037).

Baca Juga: Puasa Asyura

Bahkan orang berilmu dilindungi malaikat.

Sabda Rasulullah yang berbunyi: "Selamat datang wahai penuntut ilmu. Sesungguhnya penutup ilmu benar-benar ditutupi para Malaikat dan dinaungi dengan sayap-sayapnya. Kemudian mereka saling bertumpuk-tumpuk hingga mencapai langit dunia (langit paling dekat dari bumi), karena kecintaan mereka (Malaikat) kepada ilmu yang dipelajarinya." (Shahih: HR. Ath-Thabrani no. 7347 dalam Al-Mu'jam Al-Kabir).

Dalam hadits lainnya Rasulullah SAW bersabda: "Belajarlah kamu semua, dan mengajarlah kamu semua, dan hormatilah guru-gurumu, serta berlaku baiklah terhadap orang yang mengajarkanmu. (HR Tabrani).

Dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa keluar dalam rangka menuntut ilmu, maka dia berada di jalan Allah sampai ia kembali."

Ada hadit yang mengatakan berilmu perjalanannya menuju surga dimudahkan. Ini hadits Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Barang siapa menelusuri jalan untuk mencari ilmu padanya, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga." (HR. Muslim).

Baca Juga: Bulan Muharram, Bulan Mulia

Keutamaan ilmu yang bermanfaat, baik saat masih di dunia atau setelah wafat.

"Jika seorang manusia meninggal, terputuslah amalnya, kecuali dari tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak shaleh yang berdoa untuknya." (HR. Muslim).

Mari kita terus membaca ilmu. Mengingat ada hadits yang mengatakan bawah Para ulama yang pewaris para nabi mengakui para nabi tidak mewariskan dinar ataupun dirham, tetapi mewariskan ilmu. Maka dari itu, barang siapa mengambilnya, ia telah mengambil bagian yang cukup. ([email protected])

 

Oleh:

Lordna Putri

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU