Home / Opini : Jumat Berkah

Ngaji Online

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 23 Nov 2023 20:41 WIB

Ngaji Online

Saat Majelis taklim, ibu ibu ingatkan fenomena belajar Al-Quran online. Anak-anaknya ikut ngaji online benar-benar praktis dan berguna. Ada berbagai macam metode yang cocok untuk anak-anak.

Pembelajar tidak harus datang ke TPQ atau bertatap muka dengan guru. Lewat internet, kegiatan belajar Al-Quran kini jadi jauh lebih fleksibel dan efisien.

Baca Juga: Assalamualaikum

Bahkan, kata anak saya, belajar online  banyak variasinya, seperti dengan aplikasi. Cara ini lebih disukai anak-anak dan cocok untuk pembelajaran mandiri.

Ada yang lewat game, kuis atau video interaktif. Saya pikir, orang dewasa juga bisa menggunakan cara ini. Sebab lebih mudah menangkap materinya.

Tapi meski pengguna dapat berinteraksi, kekurangannya yaitu pengajar yang membimbing mengjenaralisir.

Makanya, saya harus sering mendampingi anak saya yang ngaji online. Sementara bagi saya  ngaji online  cuma sebagai pendukung saja.

Apalagi saat ini banyak tersedia aplikasi interaktif belajar Al-Quran gratis maupun berbayar di internet.

Ada praktisnya mengikuti video panduan. Kita hanya perlu mengikuti instruksi pengajarnya.

Contohnya di YouTube, banyak sekali video panduan mengaji Al-Quran gratis mulai dari tingkatan paling bawah.

Ada pilihlah video yang memberi penjelasan secara rinci dan berurutan. Misal membahas cara membaca Al-Quran,  ada pengenalan huruf hijaiyah, tanda baca, cara baca, dan seterusnya.

Praktiknya, setelah menonton video kita tetap harus rajin latihan dan praktik membaca Al-Quran supaya cepat bisa.

Akan tetapi, bisa saja belum cukup karena kita juga harus paham maknanya. Jujur, manfaat Situs Web Al-Quran. Saat ini ada Al-Quran dalam bentuk situs web. Bentuk ini sangat menolong dalam situasi yang tidak memungkinkan membawa buku kitabnya.

Baca Al-Quran di mana pun dan kapan pun semudah menyentuh layar ponsel. Bukan cuma itu, kelebihan lainnya kita dapat mengakses terjemahan serta tafsir setiap ayatnya.

Baca Juga: Puasa Asyura

Misalnya situs www.tafsirweb.com, yang selain menjadi medium untuk mengaji juga menyediakan tafsir semua ayat lengkap. Cukup ketuk nomor ayatnya lalu akan muncul tafsir dari sumber-sumber populer dan terpercaya.

Apakah sepenting itu? Ya, membaca dan memahami tafsir ayat akan semakin melengkapi pembelajaran Al-Quran kita.

Harapannya selain mahir membaca, kita juga mampu menerapkan ajaran-ajaran-Nya dalam kehidupan sehari-hari.

Jangan senang dulu. Pengalaman saya belajar ngaji lewat internet ada saja godaannya. Terutama rasa malas. Hanya niat tulus dan ikhlas yang dapat melawannya.

Jangan cuma sering tetapi pastikan setiap sesi belajar selalu berkualitas. Dengan begitu insya Allah meski cuma punya sedikit waktu hasilnya pun tetap maksimal.

Pesan saya, jangan berhenti untuk belajar Al-Quran online, karena ini termasuk kegiatan positif yang berpahala.

Pengajian online pengalaman saya, bisa melintasi atau tak terikat ruang dan waktu. Materinya dapat dijangkau oleh seluruh audiens paling jauh sekalipun dengan syarat ada kuota untuk akses internet.

Baca Juga: Bulan Muharram, Bulan Mulia

Pertanyaan saya apakah anda ingin belajar mengaji dari nol?

Ingin melanjutkan belajar iqra?  Ingin memperlancar membaca alquran?  Ingin mempelajari tajwid dan ghorib? Pengajian online memiliki kelebihan. Apa?

Kelebihan pengajian online, yaitu pengajian yang disampaikan kiai tersimpan dengan baik di media sosial (medsos) yang kita gunakan. Sehingga bagi ibu ibu  yang tertinggal dalam pengajian bisa menyimaknya pada waktu yang lain. Jika ada materi atau penjelasan yang belum disimaknya, bisa disimak pada kemudian hari. Subhanallah. ([email protected])

 

Oleh:

Hj. Lordna Putri

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU