Beasiswa Kuliah Ditambah, Wakil Ketua DPRD Surabaya Mendorong Program Ini Tepat Sasaran

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 17 Des 2023 19:02 WIB

Beasiswa Kuliah Ditambah, Wakil Ketua DPRD Surabaya Mendorong Program Ini Tepat Sasaran

i

Wakil Ketua DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kota Surabaya Reni Astuti bersama puluhan mahasiswa penerima beasiswa.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Pendidikan salah satu strategi memutus mata rantai kemiskinan dan peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM). Maka dari itu Wakil Ketua DPRD ( Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kota Surabaya Reni Astuti mempunyai perhatian besar terhadap pendidikan anak-anak Surabaya. 

Bersama Pemerintah Kota Surabaya, DPRD Kota Surabaya telah membahas dan menyetujui anggaran Beasiswa Pemuda Tangguh jenjang kuliah sebesar 63 miliar dengan kuota penerima manfaat sejumlah 3500 mahasiswa. 

Baca Juga: Halal Bihalal Hari Pertama Masuk Kerja, DPRD Surabaya Optimalkan Kinerja

Wakil Ketua DPRD ( Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kota Surabaya Reni Astuti mengatakan target penerima beasiswa kuliah ini akan diprioritaskan utamanya adalah bagi masyarakat Kota Surabaya yang membutuhkan atau kurang mampu untuk mendapatkan akses pendidikan tinggi. 

Bantuan biaya pendidikan ini menyasar mahasiswa di seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Kota Pahlawan dan beberapa PTN lain yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya.

“Anggarannya sudah kami siapkan, beasiswa ini diperuntukan kepada mahasiswa on going sekaligus mereka yang baru mulai kuliah atau mahasiswa baru di tahun 2024,” ungkap Reni Astuti saat ditemui awak media di DPRD Kota Surabaya, Jumat (15/12) kemarin.

Karena itu, Reni mendorong program ini bisa benar-benar sampai ke warga kota Surabaya utamanya anak-anak yang membutuhkan, dari keluarga yang kurang mampu atau yang berprestasi di bidang keagamaan, olahraga, science, serta seni dan budaya,.

Bagi Reni, sapaan akrab legislator yang juga dikenal memiliki perhatian besar terhadap dunia pendidikan mengatakan beasiswa merupakan strategi untuk memutus mata rantai kemiskinan dan peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM).

“Kita beri semangat dan dukung anak-anak Surabaya terus berprestasi demi menggapai cita-cita setinggi-tingginya. Siapapun dengan keterbatasan ekonomi sesungguhnya mereka bisa lulus sarjana dengan bantuan biaya dari pemerintah,” jelasnya. 

Oleh karena itu, calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI dapil Surabaya-Sidoarjo tersebut turut memberi pesan serta motivasi kuat untuk senantiasa giat dan tekun dalam belajar. 

“Anak-anak Surabaya, yang sekarang kelas 10-11-12, atau bahkan yang SMP, para orang tua mari terus dukung putra-putrinya yang tengah SMP atau SMA untuk meningkatkan semangat belajar mereka,” himbau dia.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya Ajak Masyarakat Jaga Surabaya Tetap Aman dan Kondusif

“Utamanya yang sekarang kelas 12, itu disiapkan betul apakah lewat jalur seleksi SNBP atau SNBT. Jadi, makin banyak anak-anak surabaya yang diterima PTN maka bisa memanfaatkan beasiswa ini,” kata Reni.

Terlebih, sambung tokoh perempuan Kota Surabaya itu, bagi keluarga yang tidak mampu atau kesulitan biaya dapat memaksimalkan kesempatan dan peluang beasiswa kuliah tersebut. 

“Siapapun, selama mereka mau belajar, orang tuanya perhatian dan terus support doa maka anak-anak ini nanti kelak bisa menempuh pendidikan tinggi dan jika ada kendala biaya bisa memanfaatkan program dari Pemkot,” terangnya.

Melihat antusiasme, harapan, serta animo positif dari masyarakat secara langsung, Legislator perempuan itu pun mendorong agar anggaran beasiswa pemuda tangguh dapat terus ditingkatkan.

“Alhamdulillah saat bertemu anak-anak, bertemu orang tua, mereka sampaikan terima kasih atas adanya beasiswa ini. Bukti kalau itu sangatlah membantu anak-anak makin giat belajar dan meringankan orang tua menyekolahkan putra-putrinya,” bebernya.

Baca Juga: Sebagai Bentuk Rasa Syukur, DPRD Kota Surabaya Gelar Bukber dan Beri Santunan Anak Yatim

“Harapannya Pemkot dapat meningkatkan anggaran beasiswa ini sebagaimana tahun lalu dan tahun ini ada kenaikan. Tentu kita juga perjuangkan melalui pembahasan-pembahasan di DPRD, baik di komisi D maupun di badan anggaran supaya beasiswa ini ditingkatkan dananya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pada tahun 2023, kuota beasiswa kuliah tersedia untuk 3180 mahasiswa dan meningkat pada tahun 2024 sebanyak 3500 penerima manfaat.

Pihaknya menilai beasiswa ini menambah semangat dan harapan bagi anak-anak meraih impian mereka.

“Jadi sebenarnya, mau anaknya sekarang masih SMP ya juga dikasih semangat. Nah, ituloh nanti kamu kalo besar bisa tuh kuliah dapat beasiswa. Jadi mulai menyiapkan sejak jauh,” tambah dia. 

Terkait informasi dan keterangan terkait pembukaan, alur pendaftaran, serta detail persyaratan beasiswa kuliah, pihaknya menyatakan akan segera memberi kabar lebih lanjut menyusul masa studi perkuliahan. Alq

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU