Debat Cawapres Digelar Malam Ini, Masalah Subsidi Energi BBM dan LPG Bakal Disorot

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 21 Jan 2024 14:17 WIB

Debat Cawapres Digelar Malam Ini, Masalah Subsidi Energi BBM dan LPG Bakal Disorot

i

Debat Calon Wakil Presidn (Cawapres) paslon 1 Cak Imin, paslon 2 Gibran dan paslon 3 Mahfud MD. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Menjelang debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang bakal digelar nanti malam, Minggu (21/01/2024) bakal ramai dan riuh untuk ditonton. Pasalnya Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming, dan Mahfud MD akan beradu gagasan mengenai pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Namun diantara beberapa topik tema perdebatan tersebut, topik subsidi BBM dan LPG bakal banyak disorot dan diperdebatkan. Apalagi konsumsi energi belakangan terus meningkat yang tidak diikuti peningkatan produksi domestik. 

Baca Juga: Isu Prediksi Pengamat: PDIP Bakal Tarik 7 Kadernya di Kabinet Jokowi, Begini Jawaban Megawati

Kepala Center of Food, Energy, and Sustainable Development Indef Abra Talattov mengatakan debat calon wakil presiden (cawapres) nanti malam seharusnya ikut menyoroti persoalan ihwal subsidi energi yang tidak tepat sasaran tersebut.

“Isu energi ini selama ini belum bisa terselesaikan dengan baik terutama begitu besar ketergantungan kita dari impor khususnya BBM dan LPG,” kata Abra, Minggu (21/01/2024). 

Dengan demikian, kata dia, debat Cawapres nanti malam menjadi uji publik pertama untuk mengetahui strategi atau jalan pikir pasangan calon presiden dan wakil presiden terkait dengan pembenahan salur bantuan pemerintah tersebut.  

Baca Juga: Heboh! Video Fenomena 2 Matahari di Langit Mentawai Sumbar, Ahli Cuaca Beri Penjelasan Ini

“Belum terlihat secara spesifik ya mengenai isu transformasi subsidi energi ini, masih normatif penekanannya, arah masing-masing untuk mendorong transisi energi,” kata dia. 

Seperti yang diketahui sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan kembali menggelar debat cawapres (calon wakil presiden) pada Minggu (21/01/2024). Sedangkan mengenai isu energi menjadi salah satu tema yang akan diangkat dalam debat pemilihan presiden (pilpres) keempat ini. Adapun, salah satu isu sentral terkait sektor energi adalah mengenai transisi energi.  

Baca Juga: Tim SAR Kena 'Prank' Dua Bocah di Brebes, Dikira Tenggelam, Malah Jadi Penonton di Pinggir Sungai

Dalam visi dan misinya, pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD menempatkan isu transisi energi sebagai salah satu program prioritasnya. 

Sebagai informasi, debat cawapres terakhir berlangsung panas. Salin serang terjadi antara masing-masing calon. Sementara, melihat hasil survei simulasi surat suara tiga pasangan capres dan cawapres menunjukkan Prabowo-Gibran memperoleh elektabilitas 46,7%. Disusul Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas 26,9% dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan elektabilitas 20,6%. jk-06/dsy

Editor : Desy P.

BERITA TERBARU