KPU Jatim Gandeng Bawaslu Tertibkan APK di Hari Pertama Masa Tenang

author Lailatul Nur Aini

- Pewarta

Minggu, 11 Feb 2024 09:15 WIB

KPU Jatim Gandeng Bawaslu Tertibkan APK di Hari Pertama Masa Tenang

i

Aksi bersih-bersih Alat Peraga Kampanye (APK) jelang hari tenang Pemilu 2024, Sabtu (10/02/2024). SP/ AINI

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Memasuki hari pertama masa tenang Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur bersama peserta pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim, serta stakeholders lainnya melakukan aksi bersih-bersih Alat Peraga Kampanye (APK).

Menurut Anggota KPU Jatim Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, Gogot Cahyo Baskoro, batas waktu kampanye telah berakhir pada Sabtu (10/02/2024), pukul 23.59 WIB.

Baca Juga: 78 Petugas Pemilu di Jatim Meninggal, Mayoritas dari Jember

"Mulai pukul 00.00, semua bentuk kampanye dalam metode apapun tidak diperbolehkan lagi," jelas Gogot, Minggu (11/02/2024).

Gogot menekankan bahwa pembersihan ini dilakukan secara serentak di seluruh Jawa Timur, dengan melibatkan KPU provinsi, KPU Kabupaten/Kota, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Pembersihan APK menurut Peraturan KPU menjadi tanggung jawab peserta pemilu, mulai dari tim kampanye pasangan calon, partai politik, dan calon anggota DPD. Sehingga momentum malam ini, KPU Jatim sifatnya hanya membantu," ujar Gogot.

Menurutnya, KPU Jatim juga telah menginstruksikan kepada KPU Kabupaten/Kota untuk berkoordinasi dengan peserta pemilu, Bawaslu, dan stakeholders terkait sesuai tingkatan.

"Untuk KPU Kabupaten/Kota juga mengkonsolidasikan agenda ini kepada jajaran dibawahnya" sambungnya.

Lanjut Gogot, tepat pukul 00.00 WIB, secara bersama-sama, rombongan bergerak dari Kantor KPU Jatim. Pembersihan dilakukan di 8 titik di wilayah Surabaya dan Sidoarjo. Yang mana, diawali di Surabaya dari Flyover Wonokromo, menuju Simpang Empat Margorejo, kemudian Simpang Empat Siwalankerto.

Baca Juga: Ormas M1R Gelar Aksi Damai Depan KPU Jatim

Hingga memasuki wilayah Sidoarjo meliputi Simpang Tiga Pabrik Paku, Flyover Waru, dan area Terminal Purabaya. Dan, kembali ke Surabaya dan berakhir di Green Park Jemursari.

"Agenda pembersihan ini memberi waktu yang cukup untuk ditindaklanjuti secara massif selama masa tenang," tungkasnya.

Selaras dengan itu, Ketua KPU Jatim, Choirul Anam, juga mengingatkan kepada seluruh peserta pemilu untuk menjaga kondusifitas jelang pemungutan suara yang akan berlangsung dalam tiga hari lagi.

Baca Juga: Bersama Forkopimda, Pj Wali Kota Ali Kuncoro Cek Penyimpanan Logistik Pasca Pemilu

Sementara itu, dalam rangkaian kegiatan pembersihan, KPU Jatim sebelumnya juga telah menggelar rapat koordinasi.

Diketahui, rakor berjalan mulai pukul 19.00 sampai dengan pukul 23.00 di Aula Kantor KPU Jatim. Dilanjutkan dengan apel kesiapan di halaman Kantor KPU Jatim, hingga pukul 00. 00 WIB pembersihan mulai dilakukan.

Aksi pembersihan APK ini melibatkan sekitar 210 personel dari berbagai instansi, termasuk Satuan Polisi Pamong Praja Jatim, Polda Jatim, Bawaslu Jatim, dan Dinas Perhubungan Jatim, serta perwakilan tim kampanye pasangan calon, partai politik, dan calon anggota DPD di Jawa Timur. Ain

Editor : Desy P.

BERITA TERBARU