Rumah Warga di Malang Rusak Tertimpa Longsor

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 12 Feb 2024 19:41 WIB

Rumah Warga di Malang Rusak Tertimpa Longsor

SURABAYAPAGI.COM, Malang - Hujan dengan intensitas tinggi membuat bencana tanah longsor di Jalan Sumber Darmi, Dusun Krajan Kidul Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Minggu (11/2/2024) sore. Longsor menimbun satu rumah milik warga di sana.

“Hujan dengan intensitas tinggi selama satu jam di wilayah Desa Tlekung mengakibatkan tanah longsor,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu, Agung Sedayu.

Baca Juga: Puluhan PKL di Kawasan Koridor Kayutangan Malang Ditertibkan

Tanah longsor mengakibatkan tertutupnya saluran irigasi kebun jeruk karena longsoran rumpun bambu, membuat tanah di sekitar lereng kebun jeruk jenuh dan air aliran irigasi meluber di belakang rumah Mujiono (52). Alhasil material longsoran menimbun rumah Mujiono.

Sebab rumah Mujiono berada tepat di belakang kebun jeruk, sehingga mengakibatkan kerusakan pada bagian dapur, gudang, kamar tidur, dan kamar mandi. Dimensi longsor mencapai  panjang 15 meter, lebar 14 meter, tinggi 8 meter.

Timbunan tanah longsor pada bagian belakang kondisnya cukup parah. “4 unit sepeda motor tertimbun material longsor,” imbuh Agung.

Baca Juga: Biro Persidangan II Sekjend DPR RI Studi Banding ke Polresta Malang Kota

Kemudian timbunan tanah longsor juga menimpa atap rumah hingga mangakibatkan kerusakan diperkirakan panjang 14 meter dan lebar 6 meter.

“Juga kebun jeruk dengan luas 150 meter persegi rusak karena longsor,” tambah Agung.

Meski kondisi bagian belakang rumah Mujiono tertimbun, pihaknya bersama keluarga tetap tinggal pada bagian depan.

Baca Juga: Satu Senior Dijadikan Tersangka

“Kerja bakti pembersihan material akan segera kami lakukan,” ujar Agung.

Upaya yang dilakukan segera dilakukan pembersihan material, pembersihan saluran irigasi yang tertutup. Dan penyelamatan peralatan dan perabot rumah tangga. Ml-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU