4 Titik yang Tertimbun Longsor di Trenggalek Dibuka

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 21 Apr 2024 19:47 WIB

4 Titik yang Tertimbun Longsor di Trenggalek Dibuka

SURABAYAPAGI.COM, Trenggalek - Ruas jalan utama penghubung antarkecamatan di Trenggalek berhasil dibuka setelah sempat tertimbun tanah longsor sejak Kamis (18/4) malam. Sebelumnya longsor terjadi di empat titik ruas jalan tersebut. Saat ini petugas gabungan masih melakukan pembersihan sisa material longsor.

Kepala Pelaksana BPBD Trenggalek Stefanus Triadi Atmono mengatakan, upaya pembukaan jalur yang menghubungkan Kecamatan Trenggalek dengan Bendungan dikebut secara maraton selama dua hari terakhir. Untuk mempercepat pembukaan, pihaknya menerjunkan empat unit alat berat.

Baca Juga: Pemkab Trenggalek Dapat Bantuan Instalasi Air Bersih di 60 Titik

"Sampai sore kemarin (Sabtu) berhasil dua titik, kemudian tadi malam dilembur, sekitar pukul 23.00 WIB titik keempat berhasil dibuka," kata Triadi Atmono, Minggu (21/4/2024).

Dengan terbukanya empat titik tanah longsor di KM 15 Desa Surenlor, Kecamatan Bendungan tersebut, akses masyarakat dari Kecamatan Trenggalek menuju Bendungan kembali bisa dilalui oleh semua jenis kendaraan. Hanya saja beberapa titik kondisinya masih licin dan perlu pembersihan lanjutan.

Baca Juga: Program PTSL Sasar 14 Desa di Trenggalek

"Hari ini kami kembali melanjutkan proses pembersihan, karena di titik kedua masih ada sisa lumpur yang di badan jalan, sehingga licin," imbuhnya.

Triadi menambahkan untuk memaksimalkan pembersihan jalur utama antarkecamatan tersebut Satpol PP Damkar menerjunkan mobil pemadam kebakaran untuk menyemprot sisa lumpur dari badan jalan.

Baca Juga: Gapoktan di Trenggalek Bagikan Ribuan Liter POC Gratis

"Damkar sudah turun sejak tadi malam, hari ini dilanjutkan lagi sampai benar-benar bersih, sehingga bisa dilalui oleh semua kendaraan dengan aman dan lancar," kata Triadi.

Diberitakan sebelumnya pada Kamis (18/4), empat titik tanah longsor menimbun ruas jalur utama penghubung Kecamatan Trenggalek dengan Bendungan. Akibat bencana itu akses masyarakat dari kedua arah sempat terputus selama lebih dari dua hari. Tr-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU