Heboh! Bocah Tabrakan Chery Omoda E5 Dalam Mal, Spesifikasi Mobil Dilengkapi Sensor Safety

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 24 Apr 2024 10:33 WIB

Heboh! Bocah Tabrakan Chery Omoda E5 Dalam Mal, Spesifikasi Mobil Dilengkapi Sensor Safety

i

Viral mobil listrik Chery Omoda E5 seruduk salah satu toko di pusat Perbelanjaan. SP/ Tangkapan Layar

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Sempat viral, seorang bocah yang masih dibawah umur mengemudikan sebuah mobil listrik Chery Omoda E5 hingga menabrak dinding di dalam pusat perbelanjaan (mal) beberapa waktu lalu.

Diketahui, video tersebut viral melalui akun X @innovacommunity pada Senin (22/04/2024) lalu, dan beredar di grup WhatsApp dan menyampaikan bahwa ada anak kecil yang main-main di mobil pajangan lantas menabrakkan mobil listrik Chery Omoda E5 ke tembok di depannya.

Baca Juga: Vinfast Investasikan Rp 3,1 Triliun, Bangun Pabrik Mobil Listrik Tahun Ini

Sementara itu, terkait insiden memilukan tersebut yang terjadi di sebuah mall kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Minggu (21/04/2024). Kabarnya, kasus sudah diselesaikan secara kekeluargaan oleh kedua pihak.

Disisi lain, seorang praktisi keselamatan dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan harus dilibatkan dalam setiap pameran otomotif demi meminimalisasi kecelakaan, demikian dikatakan Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana. 

Anjuran ini disampaikan Sony menanggapi insiden kecelakaan dalam pusat perbelanjaan saat sebuah Chery Omoda E5 menabrak dinding, karena dikemudikan oleh seorang anak kecil.

"Apesnya selama ini di dalam pameran pihak pemilik lahan dan EO tidak pernah melibatkan pihak safety sebagai orang yang bertanggung jawab dalam pengamanan, meremehkan faktor X ini, sehingga kecelakaan-kecelakaan serta kegagalan yang memalukan selalu berulang," kata Sony, Rabu (24/04/2024).

"Kenapa harus melibatkan pihak safety? Karena berada di lingkungan yang banyak orang, apalagi ada anak-anak yang enggak tahu apa-apa, hanya modal iseng, usil," imbuh dia.

Baca Juga: Saingi Tesla Model 3, Honda Kebut Pengerjaan Sedan Listrik Compact

Lebih lanjut, Sony menyampaikan bahwa kehadiran petugas pengamanan dan petugas keselamatan di tempat pameran otomotif penting untuk meminimalkan risiko kecelakaan selama pelaksanaan kegiatan.

"Pihak safety adalah orang yang independen, bukan security, karena ini dua ranah yang berbeda antara pengamanan lingkungan dengan kendaraan, tetapi tetap harus ada kerjasama," ia menjelaskan.

Baca Juga: Alfa Romeo Luncurkan Giulia and Stelvio Quadrifoglio Super Sport Edisi Terbatas

Sebagai informasi, Chery Omoda E5 merupakan model terbaru dari produsen asal China itu di Indonesia. Mobil listrik tersebut diluncurkan secara resmi pada Desember 2023, dan resmi dijual kepada publik pada awal 2024 dengan harga Rp 498 juta. 

Berstatus sebagai mobil listrik, kendaraan ini tidak bersuara ketika menyala. Bahkan, tidak perlu menekan tombol start/stop untuk menghidupkan mesin penggerak. Pengemudi hanya perlu menekan pedal rem dan memindahkan tuas transmisi ke “D” untuk menjalankannya. 

Beruntung, mobil listrik tersebut tidak melaju dengan kencang saat dikendarai oleh bocah SD tersebut sehingga kerusakannya sangat minim. Ini juga bisa terjadi karena sejumlah sensor yang terdapat pada Omoda E5 sebagai tambahan perangkat keamanan (safety). jk-02/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU