Kompetisi Memancing, Dongkrak Potensi Perikanan di Banyuwangi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 14 Mei 2024 14:52 WIB

Kompetisi Memancing, Dongkrak Potensi Perikanan di Banyuwangi

i

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat di lokasi kompetisi memancing. SP/ Antara

SURABAYAPAGI.com, Banyuwangi - Potensi perikanan di Kabupaten Banyuwangi tergolong melimpah. Bahkan banyak titik fishing ground hingga wisata bahari melalui kompetisi memancing, Banyuwangi Fishing 2024.

Diketahui, kompetisi memancing yang memasuki tahun kelima ini digelar di wilayah utara Banyuwangi, tepatnya di Pantai Bimorejo. Kecamatan Wongsorejo, dan diikuti sekitar 320 orang peserta.

Baca Juga: Ribuan JCH di Banyuwangi Ikuti Manasik Haji

Dengan adanya kompetisi memancing tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dapat memperkenalkan potensi perikanan Banyuwangi yang memiliki banyak titik fishing ground hingga garis pantai sepanjang 175 KM dengan potensi perikanan tangkap dan wisata bahari.

"Ajang ini merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan potensi perikanan Banyuwangi," jelas Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Selasa (14/05/2024).

Baca Juga: Pemkot Kediri Studi Tiru Layanan Aduan 112 dan SP4N LAPOR!

Tak lupa, pihaknya juga turut mengajak para nelayan dan warga pesisir Pantai Bimorejo untuk menjaga kelestarian lingkungan laut dengan terus berupaya memperbaiki infrastruktur di kawasan pesisir untuk memperlancar lalu lintas logistik di kawasan pesisir.

"Mereka juga difasilitasi pengurusan izin usaha dan sertifikat halal hingga dilatih pemasaran dan manajemen keuangannya," ujarnya.

Baca Juga: Keterlibatan Anak Muda Jadi Faktor Penting bagi Pembangunan Daerah

Uniknya, dalam kesempatan itu, juga dilakukan peluncuran Topi Sampadan, yakni topi memancing yang dimodifikasi menyerupai bentuk udeng (topi khas masyarakat Banyuwangi). bny-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU