Sandra Dewi, Berpeluang Jadi Tersangka Korupsi

author Jaka Sutrisna

- Pewarta

Kamis, 16 Mei 2024 23:20 WIB

Sandra Dewi, Berpeluang Jadi Tersangka Korupsi

i

Terlihat ekspresi yang tidak biasanya Sandra Dewi usai diperiksa oleh penyidik Kejagung, pada Rabu malam. Berbeda saat pemeriksaan pertama yang dilakukan Penyidik kepada Sandra Dewi terkait kasus korupsi yang menimpa suaminya, Harvey Moeis.

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Kini Kejagung memelototi status Sandra Dewi di kasus dugaan korupsi tata niaga timah di wilayah izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah tahun 2015-2022 oleh suaminya. Sampai Kamis (16/5/2024), artis Sandra Dewi, masih sebagai saksi.

Hasil pemeriksaan 10 jam pada Rabu (15/5/2024) kemarin, Kejagung menyatakan berpeluang menetapkan Sandra Dewi jadi tersangka korupsi. Termasuk terkait penghasilan Sandra Dewi sebagai artis.

Baca Juga: Aset Sandra Dewi Bisa Disita, Penerima Pasif Kejahatan TPPU

 

Penghasilan Sandra Dewi

Kejagung juga menyoroti penghasilan Sandra Dewi sebagai artis. Direktur Penyidikan JAM Pidsus Kejaksaan Agung, Kuntadi memberikan penjelasan terkait pemeriksaan Sandra Dewi bersama dengan 11 saksi lain dan 2 tersangka, salah satunya Helena Lim, kemarin. Kejagung mendalami soal perjanjian pranikah atau pisah harta antara Sandra Dewi dan Harvey Moeis.

"Kita mendalami tentang sejauh mana perjanjian pranikah saudara SD ini apakah benar dan apakah itu perjanjian yang dilakukan sebelum pernikahan itu terjadi ataupun dalam rangka menutupi peristiwa pidana ini. Harus kita klarifikasi semua," kata Kuntadi dalam jumpa pers virtual yang dilakukan dari Kantor Kejaksaan Negeri Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu (15/5/2024) malam.

 

Wajah Sandra Dewi Murung

Dari rekaman CCTV di ruang pemeriksaan, terlihat Sandra Dewi mengenakan pakaian berwarna hitam sambil menyerahkan berkas kepada penyidik.

Raut wajah Sandra Dewi juga tampak murung, jauh berbeda dengan pemeriksaan pertama. Bahkan, dalam beberapa sorotan video dan foto, Sandra Dewi tampak menangis.

 

Masuk Lewat Pintu Belakang

Pada pemeriksaan pertama, Sandra datang dan memasuki gedung melewati pintu depan. Ibu dua anak tersebut datang mengenakan atasan berwarna putih yang dipadu dengan celana panjang hitam. Saat hendak memasuki gedung, ia sempat menebar senyum dan menyapa awak media.

Namun, pemeriksaan kemarin sepertinya masuk melalui akses lain. sejak pagi hari tidak ada awak media yang melihat kedatangan wanita 40 tahun itu. Ia diduga masuk lewat pintu belakang agar tidak terlalu menarik perhatian.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Ketut Sumedana mengatakan bahwa, Sandra datang lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan, yaitu pukul 09.00 WIB. Berbeda dengan pemeriksaan pertamanya pada 4 April 2024, kali ini Sandra datang dengan suasana hati yang lebih tegang dan tidak menunjukkan senyum seperti biasanya.

Ia mengenakan kaus berlengan ¾ dan celana kulot panjang warna hitam, serta sepatu kets hitam dengan sol putih. Dalam sebuah foto ia terlihat berhadapan dengan seseorang yang sedang memeriksanya. Dia terlihat sedang memangku tumpukan kertas.Sandra Dewi diduga memberikan sejumlah keterangan.

Ketut mengatakan, pertanyaan yang diberikan penyidik pasti terkait dengan dugaan korupsi timah yang menimpa suaminya. Sandra keluar dari gedung Kejagung sekitar pukul 18.30 WIB, setelah menjalani pemeriksaan sejak pukul 08.00 WIB, atau selama kurang lebih 11 jam pemeriksaan oleh penyidik Jampidsus Kejagung.

 

Dalami Perjanjian Pranikah

Kejagung juga mendalami soal perjanjian pranikah atau pisah harta antara Sandra Dewi dan Harvey Moeis.

Baca Juga: Sandra Dewi Diperiksa Soal Kewajaran Asetnya

"Kita mendalami tentang sejauh mana perjanjian pranikah saudara SD ini apakah benar dan apakah itu perjanjian yang dilakukan sebelum pernikahan itu terjadi ataupun dalam rangka menutupi peristiwa pidana ini. Harus kita klarifikasi semua," kata Kuntadi dalam jumpa pers virtual yang dilakukan dari Kantor Kejaksaan Negeri Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu (15/5/2024) malam.

 

Tahun 2002 Masih Model

Sedangkan, Sandra Dewi sejak sebelum menikah dengan Harvey Moeis dikenal sebagai artis dan memulai kariernya sejak 2002. Perempuan bernama lengkap Monica Nicholle Sandra Dewi Gunawan Basri itu menikah dengan Harvey Moeis pada 8 November 2016.

"Sebagaimana kita ketahui saudara SD ini pun punya penghasilan sebagai artis. Di situ juga kita akan menguji," ucap Kuntadi.

"Kita sudah punya data berapa tahun belakangan berapa penghasilan yang bisa bersangkutan (dapatkan) dan itu akan kita uji. Apakah harta-harta yang dimiliki wajar dengan aset yang dia miliki," tegas Kuntadi.

Sandra Dewi mengawali kariernya pada 2002 sebagai model. Kemudian pada 2007 debut di dunia akting melalui film Quickie Express.

Dari situ perempuan kelahiran Bangka Belitung, 8 Agustus 1983 itu semakin terkenal. Tidak hanya berkarier dalam dunia akting, Sandra Dewi juga menjadi presenter dan moncer sebagai bintang iklan.

 

Dibenarkan oleh Pengacara Suaminya

Baca Juga: Jet Pribadi, Mobil Lexus, Vellfire dan Jam Tangan Richard Mille Seharga Rp 2,2 M

"Pemeriksaan ini kita lakukan dalam rangka untuk menelusuri dan memastikan bahwa aset yang dimiliki oleh para tersangka maupun yang diatasnamakan istri-istri para tersangka bisa kita uji bahwa benar aset tersebut terkait tindak pidana korupsi yang kita periksa," kata Kuntadi.

Soal perjanjian pisah harta antara Sandra Dewi dan Harvey Moeis dibenarkan oleh pengacara suaminya, Harris Arthur Hedar. Perjanjian itu dibuat saat Sandra Dewi dan Harvey Moeis menikah.

"Jadi pada saat mereka menikah itu pada 2016 itu mereka buat ke notaris, tentang pisah harta," kata Harris Arthur Hedar dikutip Surabaya Pagi dari laman detikcom, pada Kamis (15/5/2024).

"Karena kita sama-sama mengetahui, Pak HM ini pengusaha, sebelumnya juga pengusaha. Ibu Sandra ini artis yang sudah dikenal dan lama berkecimpung di dunia keartisan dan bisnis sendiri. Jadi mereka memang ada melakukan itu (perjanjian pisah harta) hal yang wajar dalam satu ikatan. Itu memang ada, saya pastikan ada," lanjut pengacara Harvey Moeis itu.

 

Trending di Media Sosial

Sejak diperiksa Kejagung Rabu (15/5/2024), nama Sandra Dewi hingga Kamis (16/5/2024) malam pun masih menjadi trending di media sosial, khususnya di media sosial X.

Dari pantauan Surabaya Pagi, Kamis semalam pukul 19:00 WIB, nama Sandra Dewi diperbincangkan hingga 16.200 postingan di media sosial X.

Dari 16.200 postingan yang menyantumkan nama 'Dewi Sandra', beberapa cuitan di X mulai dari gaya hidup Sandra Dewi bersama Harvey Moeis serta ulasan ekspresi saat Sandra Dewi usai diperiksa penyidik Kejagung RI.

Seperti akun X @yudiharahap46, mencuit dengan narasai bahwa Sandra Dewi bisa dibidik TPPU bila melihat kekayaan setelah menikah dengan Harvey Moeis. " Sandra Dewi kembali diperiksa oleh Kejaksaan Agung terkait salah satunya perjanjian pisah harta dan kepemilikannya, tentu dengan teknik telusuri asal uang dan aliran uang alias follow the money akan didapatkan gambaran utuh bagaimana asal aset yang dimiliki oleh Sandra Dewi," cuit Yudi Purnomo Harahap, pemilik akun @yudiharahap46 yang sudah terverifikasi. jk/erc/cr2/rmc

Editor : Raditya Mohammer Khadaffi

BERITA TERBARU