BPBD Kabupaten Pasuruan Waspada Kekeringan di Musim Kemarau

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 27 Mei 2024 16:32 WIB

BPBD Kabupaten Pasuruan Waspada Kekeringan di Musim Kemarau

i

Tangki berisi air bersih yang disediakan BPBD kabupaten Pasuruan untuk musim kemarau.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - BPBD Kabupaten Pasuruan mulai mewaspadai ancaman kekeringan di Kabupaten Pasuruan. Hal ini seiring dengan kondisi cuaca, yang sudah memasuki musim kemarau. Kalaksa BPBD Kabupaten Pasuruan Sugeng Hariyadi mengatakan, musim penghujan telah berakhir.

Saat ini, sudah beralih ke kemarau. Memasuki musim kemarau, hal yang patut diwaspadai, adalah bencana kekeringan. Berkaca pada tahun 2023 lalu, kekeringan terjadi di wilayah enam kecamatan yang ada di Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga: Kekeringan di Blitar Kian Parah, Warga Rela Antri Air Bersih Berjam-jam di 'Belik'

Yakni, di wilayah Kecamatan Lekok, Winongan, Lumbang, Kejayan, Pasrepan dan Gempol. “Daerah rawan kekeringan, sudah kami petakan,” sampainya. Ia mengimbau, masyarakat untuk bekerja sama dalam menanggulangi ancaman kekeringan tersebut.

Baca Juga: Puluhan Ribu Warga Terdampak Kekeringan, Direktur GSM Ikut Droping Air Bersih

Yakni terkait kemandiriannya. Karena, kekeringan itu, harus dicegah sedini mungkin. Seperti dengan memperbaiki sumber air di lokasinya masing-masing. Misalkan penanganan pompa air. Jika terjadi masalah, segera diperbaiki selama musim kemarau melanda.

Baca Juga: SIG Salurkan 906 Ribu Liter Air Bersih di Tengah Krisis Air Bersih Masyarakat

Jika memanfaatkan jaringan PDAM, pompa dan mesinnya segera cek, untuk mengatasi kekurangan air selama kemarau nanti. "Antisipasi juga sudah kami siapkan. Ketika memang ada laporan kekeringan, tentu akan kami tindak lanjuti. Misalnya dengan penyaluran air bersih,” sambung dia. Hik

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU