Musim Tanam Tembakau, Petani di Sampang Berharap Harga Tinggi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 28 Mei 2024 09:56 WIB

Musim Tanam Tembakau, Petani di Sampang Berharap Harga Tinggi

i

Petani di Sampang, Madura, Jawa Timur sedang menanam bibit tembakau di musim kemarau tiba. SP/ SMP

SURABAYAPAGI.com, Sampang - Memasuki musim kemarau yang tiba, dimanfaatkan para petani di Sampang, Madura, Jawa Timur untuk mempersiapkan lahan mereka untuk mulai menanam tembakau.

Mashudi petani di Desa Aeng Sareh, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang mengungkap, telah menggarap lahannya dan mencari bibit tembakau unggulan. 

Baca Juga: Bupati Sampang Periode 2008 - 2013 Daftar Bacabup Sampang

“Beberapa bulan terakhir ini curah hujan di Sampang mula jarang, maka kami mempersiapkan lahan untuk ditanami tembakau,” ujar Mashudi, Selasa (28/05/2024).

Dia berharap hasil panen nanti membuat harga tembakau tetap bertahan seperti pada musim kemarau tahun kemarin. “Untuk tahun kemarin harga tembakau di kalangan petani mencapai Rp 50 ribu hingga Rp 70 ribu perkilo,” imbuhnya.

Baca Juga: Bila Ditakdir Dua Periode Berkomitmen Membangun Sampang ke Arah Lebih Baik

Selain itu, juga banyak para petani tembakau di Sampang yang  jerih payah berharap harga tembakau sebanding dengan kerja keras petani di bawah terik matahari yang cukup panas pada musim kemarau tahun ini.

“Cuaca kemarau kali ini sangat panas, dan harapannya juga berdampak pada kualitas tembakau di Sampang semakin bagus,” jelas Takim petani tembakau lainya.

Baca Juga: Ratusan Massa Kawal H.Slamet Junaidi Daftar Bacabup

Namun, sayangnya untuk mendapatkan benih tembakau unggulan ia beserta petani lainya harus berburu benih tembakau hingga ke Kabupaten Pamekasan.

“Untuk mencari benih tembakau, kami keliling wilayah pembibitan hingga ke Pamekasan,” pungkasnya. smp-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU