BP Tapera Pamer Kembalikan Uang ke PNS Pensiunan Rp 4,2 Triliun

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 04 Jun 2024 20:53 WIB

BP Tapera Pamer Kembalikan Uang ke PNS Pensiunan Rp 4,2 Triliun

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) menyatakan telah mengembalikan Tapera kepada 956.799 orang PNS pensiun atau ahli warisnya senilai Rp 4,2 triliun. Nilai itu merupakan total akumulasi sejak beroperasi hingga 2024.

Dengan demikian satu orang mendapatkan sekitar Rp 4.389.636. Hal itu untuk menanggapi pemberitaan terkait temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di 2021 bahwa 124.960 Pensiunan Belum Dapat Pengembalian Dana Tapera Rp 567,5 Miliar.

Baca Juga: Demo Tolak Tapera di Lumajang Ricuh

"Dapat disampaikan bahwa seluruh hasil temuan telah ditindaklanjuti sesuai rekomendasi BPK dan dilaporkan kepada BPK serta telah dinyatakan selesai oleh BPK," kata Komisioner BP Tapera Heru Pudyo Nugroho dalam keterangan tertulis, Selasa (4/6/2024).

Baca Juga: Harga Property Naik Sangat Mahal

Heru menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen melakukan pengembalian Tapera (pokok tabungan dan hasil pemupukannya) kepada peserta paling lama 3 bulan setelah berakhir kepesertaannya, sesuai UU Nomor 4 Tahun 2016.

Pengembalian Tapera kepada peserta atau ahli warisnya dilakukan melalui Bank Kustodian ke rekening peserta. Meski dalam pencairannya, diakui terdapat berbagai tantangan.

Baca Juga: Ombudsman Usul Cakupan Definisi MBR di Program Tapera Diubah

"Tantangan dalam proses pengembalian tabungan adalah peserta dan pemberi kerja belum melakukan pengkinian data" tutur Heru. n jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU