Pasca Relokasi, Aktivitas di Pasar Banyuwangi Mulai Ramai Pembeli

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 05 Jun 2024 10:57 WIB

Pasca Relokasi, Aktivitas di Pasar Banyuwangi Mulai Ramai Pembeli

i

Ilustrasi. Pedagang di pasar Banyuwangi mulai ramai datang pembeli. SP/ BYW

SURABAYAPAGI.com, Banyuwangi - Sejak resmi direlokasi ke tempat baru pada Senin (27/05/2024) yang lalu, kini pedagang di pasar Banyuwangi telah menempati lapak-lapak yang disediakan serta mulai merasakan aktivitas ekonominya mulai berjalan lancar.

Gedung Wanita yang menjadi area relokasi pasar Banyuwangi, tampak ramai dipadati pengunjung. Pedagang maupun pembeli saling berinteraksi layaknya di pasar lama. Kondisi itu mendapat sambutan positif oleh sejumlah pedagang. 

Baca Juga: Stok Hewan Kurban Jelang Idul Adha, Dispertan: Banyuwangi Surplus Ternak

“Awalnya sempat khawatir dengan relokasi ini, takut kehilangan pelanggan tetap. Namun Alhamdulilah ternyata mulai banyak pembeli yang datang,” kata Siti Nurhayati, salah satu pedagang di Pasar Banyuwangi, Rabu (05/06/2024).

Sama halnya dengan, Sri Puryati yang juga mengaku lapak baru di area relokasi terbilang cukup nyaman. Lokasi itu, akan menjadi tempat mereka yang baru untuk berjualan selama setahun ke depan. Atau, terhitung saat Pasar Banyuwangi rampung dibangun.

“Bersyukur masih diberi tempat. Jadi tidak terlantar. Kalau soal rezeki, itu sudah ada yang mengatur,” imbuh dia.

Begitu juga pembeli, mereka mengaku nyaman saat masuk ke area relokasi pasar Banyuwangi. Mereka tetap senang meski harus menyesuaikan dengan lokasi para pedagang.

Baca Juga: Pedagang di Pasar Banyuwangi Pilih Sewa Ruko Dibanding Relokasi

“Rasanya nyaman saja kok berbelanja di sini,” ucap Anang Teguh salah seorang pembeli.

Bahkan, untuk kian meramaikan pasar, Pemkab Banyuwangi juga mengerahkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berbelanja di area relokasi Pasar Banyuwangi.

Kebijakan ini merupakan bagian untuk mendukung para pedagang selama masa transisi dan penyesuaian ke lokasi baru. Kehadiran para ASN di pasar ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi para pedagang yang telah pindah ke lokasi baru ini.

Baca Juga: Jelang Libur Panjang Waisak, Pengamanan WWF Dilipat Gandakan

Sekda Banyuwangi, Mujiono menyatakan Pemkab Banyuwangi berkomitmen untuk membantu para pedagang dalam masa transisi ini. "Kami mengajak seluruh ASN untuk turut serta berbelanja di area relokasi pasar ini. Ini adalah bentuk dukungan kami untuk para pedagang," ujarnya.

Sebagai informasi, relokasi pedagang dilakukan karena Pasar Banyuwangi saat ini akan direvitalisasi, menjadi pusat belanja dan kawasan heritage yang terintegrasi dengan Asrama Inggrisan, eks kantor dagang Inggris. Revitalisasi Pasar Banyuwangi dan Asrama Inggrisan ini didukung Kementerian PUPR. byw-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU