Home / Peristiwa : Balap Sepeda Tour De Panderman 2024

Polresta Malang Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 07 Jun 2024 18:49 WIB

Polresta Malang Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

SURABAYAPAGI.COM, Malang - Sebanyak 1.777 peserta balap sepeda Tour De Panderman 2024 akan melintas di Kota Malang, Jawa Timur, pada Sabtu (8/6/2024).

Oleh karena itu, Satlantas Polresta Malang Kota telah menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin).

Baca Juga: Beraksi di 20 TKP, Komplotan Pembobol ATM di Malang Dibekuk

Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Aristianto Budi Sutrisno mengatakan, rekayasa lalu lintas dilakukan di Simpang Tiga Jalan Bandung.

Rekayasa dilakukan pada Sabtu (8/6/2024) mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

"Dalam pelaksanaan rekayasa tersebut, akan dilakukan contra flow. Di mana rombongan peserta Tour De Panderman yang melintas dari Jalan Besar Ijen diluruskan ke Bundaran Jalan Bandung dan diarahkan langsung ke jalan Mayjen Panjaitan," bebernya, Jumat (7/6/2024).

"Sedangkan arus lalu lintas di jalan Mayjen Panjaitan arah barat menuju timur tetap berjalan normal, karena sudah kami pasang pembatas water barrier. Lalu untuk arus lalu lintas dari Jalan Veteran, dialihkan ke Jalan Bogor, lalu diarahkan ke arah barat di jalan Mayjen Panjaitan," tambahnya.

Selain itu, polisi juga melakukan skema buka tutup bagi pengguna jalan dari arah Jalan Bandung yang mengarah ke Jalan Brigjend Slamet Riadi.

Baca Juga: Diduga Gagal Menyalip, Pemotor Tewas Terlindas Truk

Buka tutup itu dilakukan situasional, melihat estimasi kedatangan rombongan pesepeda.

Sebagai informasi, terdapat 8 kategori dalam balap sepeda Tour De Panderman. Dan di tiap kategori, pesertanya dikawal oleh polisi maupun marshal.

"Kami telah melakukan sosialisasi kepada warga sekitar, terkait rekayasa lalu lintas ini," tambahnya.

Di samping itu, pihaknya juga telah mengantisipasi titik rawan kepadatan lainnya. Yaitu di kampus Universitas Brawijaya (UB) Malang dan Universitas Islam Malang (Unisma).

Baca Juga: Pemkot Malang Waspadai Fluktuasi Harga Jelang Idul Adha

"Jadi, dua kampus tersebut akan menggelar wisuda. Kami telah berkoordinasi dengan pihak rektor, agar kegiatan wisuda termasuk pedagang bunga atau fotografer dadakan dimasukkan ke dalam area kampus. Sehingga jalurnya tetap steril dan aman dilintasi rombongan peserta Tour De Panderman," terangnya.

Kompol Aristianto Budi Sutrisno juga menambahkan, ada sebanyak 646 personel gabungan dikerahkan, untuk melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas selama pelaksanaan Tour De Panderman.

"Personelnya gabungan, yaitu TNI-Polri, Dishub Kota Malang dan Satpol PP Kota Malang termasuk Supeltas. Mereka kami tempatkan di pertigaan, perempatan maupun di putar balik (U-Turn)," pungkasnya. Ml-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU