Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Dibuka Kembali

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 14 Jun 2024 19:08 WIB

Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Dibuka Kembali

SURABAYAPAGI.COM, Batu - Pendakian Gunung Arjuno-Welirang akhirnya kembali dibuka untuk umum mulai Sabtu (15/6/2024).

Sebelumnya pendakian Gunung Arjuno-Welirang ditutup karena kebakaran hutan dan lahan yang terjadi pada bulan Agustus lalu hingga mengakibatkan kerbakaran seluas 4000 lebih hutan dan lahan yang terbagi dalam wilayah Kabupaten Pasuruan, kota Batu, Kabupaten Malang dan Kabupaten Mojokerto.

Baca Juga: PHRI: Ekonomi Lesu jadi Penyebabnya

Kepala UPTD Tahura Raden Soerjo, Ahmad Wahyudi mengatakan, pada tahap awal dibukanya kembali pendakian gunung Arjuno-Welirang ini, dibatasi 350 orang perhari untuk semua jalur pendakian. 

Selain hanya dibatasi 350 orang perhari, pada tahap awal ini pihak Tahura Raden Soerjo juga memprioritaskan para pendaki yang telah melakukan reservasi secara online periode Agustus-Desember 2023 lalu.

“Betul, kami mengutamakan pendaki yang sudah mendaftar di tahun 2023 lalu. Saat ini sudah ada sekitar 200an orang yang sudah mendaftar untuk jadwal mendaki hari Sabtu besok,” kata Ahmad Wahyudi, Jumat (14/6/2024).

Baca Juga: Pj Wali Kota Batu Berharap Kopi Jadi Produk Unggulan

Sedangkan untuk jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang dari empat wilayah yang tersebar di kabupaten Mojokerto, kota Batu, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan, paling banyak peminatnya sampai dengan saat ini yakni jalur Sumber Brantas kota Batu.

“Iya paling banyak jalur via Sumber Brantas,” ujarnya.

Baca Juga: Tekan Inflasi dan Jaga Harga Bapok, Pemkot Batu Gencar Tanam Bibit Cabai

Selain itu Ahmad Wahyudi mengatakan, bagi pendaki yang sudah terlanjut mendaftar periode Agustus-Desember 2023, dapat melakukan perubahan jadwal ulang jika ingin memilih jadwal pendakian baru.

“Bisa kontak nomor yang ada di laman IG atau web kami,” pungkasnya. Bt-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU