Mengelola Daging Kurban: Sehat dan Lezat Tanpa Khawatir Kolesterol

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 19 Jun 2024 16:52 WIB

Mengelola Daging Kurban: Sehat dan Lezat Tanpa Khawatir Kolesterol

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Hari Raya Idul Adha merupakan momen istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Salah satu tradisi penting dalam perayaan ini adalah penyembelihan hewan kurban, yang dagingnya kemudian dibagikan kepada keluarga, tetangga, dan mereka yang membutuhkan.

Daging kurban sering kali menjadi sajian utama di banyak rumah tangga selama beberapa hari. Namun, ada kekhawatiran mengenai konsumsi daging merah yang berlebihan, terutama terkait risiko kolesterol tinggi. Berikut adalah beberapa tips mengelola daging kurban agar tetap sehat dan lezat tanpa khawatir kolesterol.

Baca Juga: Mbrebes Mili, Sapi Kurban Presiden Jokowi di Perayaan Idul Adha 1445H Masjid Al-Akbar Surabaya

1. Pilih Bagian Daging yang Tepat
Tidak semua bagian daging memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang sama. Pilihlah bagian daging yang lebih rendah lemak seperti bagian paha atau bahu. Hindari bagian yang memiliki banyak lemak, seperti daging iga dan buntut.

2. Bersihkan Lemak Berlebih
Sebelum memasak, pastikan untuk membersihkan daging dari lemak berlebih. Menghilangkan lemak yang terlihat dapat membantu mengurangi kandungan lemak jenuh dalam masakan Anda.

3. Metode Memasak Sehat
Cara memasak daging sangat mempengaruhi kandungan lemak dan kolesterol. Berikut beberapa metode memasak yang lebih sehat:

- Panggang atau Bakar: Memasak daging dengan memanggang atau membakar memungkinkan lemak berlebih menetes dan terbuang.
- Rebus atau Kukus: Mengolah daging dengan cara merebus atau mengukus tidak membutuhkan tambahan minyak dan lemak.
- Hindari Menggoreng: Menggoreng daging dapat meningkatkan kandungan lemak jenuh dan kolesterol.
4. Gunakan Bumbu Alami
Menggunakan bumbu alami seperti bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, dan rempah-rempah lainnya tidak hanya meningkatkan cita rasa tetapi juga memberikan manfaat kesehatan. Hindari penggunaan bumbu instan yang mengandung banyak garam dan bahan pengawet.

Baca Juga: Pakar : Pentingnya Langsung Memasak Daging Kurban

5. Padukan dengan Sayuran
Konsumsi daging kurban dengan porsi sayuran yang cukup. Sayuran seperti brokoli, wortel, bayam, dan tomat kaya akan serat dan nutrisi yang dapat membantu menyeimbangkan asupan gizi. Sayuran juga dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh.

6. Perhatikan Porsi Makan
Mengontrol porsi makan adalah kunci untuk menjaga kesehatan. Meskipun daging kurban sangat lezat, konsumsi dalam porsi yang wajar dapat membantu mencegah lonjakan kolesterol. Pastikan untuk tidak berlebihan dan seimbangkan dengan makanan lainnya.

7. Konsumsi Buah Setelah Makan
Buah-buahan seperti apel, pir, atau jeruk sangat baik dikonsumsi setelah makan daging. Kandungan serat dalam buah-buahan dapat membantu proses pencernaan dan mengurangi penyerapan lemak.

Baca Juga: Pemotongan Hewan Kurban di Jatim Capai 439 Ribu

8. Minum Air Putih yang Cukup
Pastikan untuk minum air putih yang cukup setiap hari. Air membantu proses pencernaan dan metabolisme tubuh, serta membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

9. Aktivitas Fisik
Setelah menikmati hidangan daging kurban, lakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki atau berolahraga ringan. Aktivitas fisik membantu membakar kalori dan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Mengelola daging kurban dengan cara yang sehat tidak hanya menjaga kesehatan tetapi juga memastikan Anda tetap dapat menikmati hidangan lezat tanpa khawatir kolesterol. Dengan memilih bagian daging yang tepat, menggunakan metode memasak sehat, dan memperhatikan porsi serta keseimbangan gizi, Anda dapat menikmati Hari Raya Idul Adha dengan lebih sehat. Selamat merayakan Idul Adha! Zis

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU