Pemkab, Baznas dan Bulog Lamongan Salurkan Bantuan Kepada Warga

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 20 Jun 2024 18:39 WIB

Pemkab, Baznas dan Bulog Lamongan Salurkan Bantuan Kepada Warga

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Lamongan bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog).

Ketiga lembaga tersebur intens menyalurkan bantuan sosial dan bantuan pangan, seperti yang digelontorkan kepada masyarakat di empat desa yakni Kembangbahu, Sukobendu, Gempolmanis dan Ardirejo).

Baca Juga: Kontes Ternak Regional Jawa Sukses Digelar

"Penyaluran bantuan merupakan bentuk perhatian kami terhadap masyarakat. Terutama yang kurang sejahtera, pada Rabu (19/6/2024) kita salurkan di empat desa, " ujar Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Kamis (20/6/2024)

Program bantuan sosial dari Baznas yakni 1 desa 5 mustahik dan program unggulan Basnaz Lamongan mentasarufkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 500 ribu yang disalurkan rutin per satu semester.

Pada penyaluran Kamis kemarin, tercatat 90 mustahil dari Desa Kembangbahu menerima bantuan dari Baznas Lamongan, 75 mustahik dari Desa Sukobendu, 55 mustahik di Desa Gempolmanis, dan 55 mustahik di Desa Ardirejo.

"Jumlah mustahik Alhamdulilah setiap tahunnya meningkat. Sumber dana ini mayoritas didapatkan Baznas Kabupaten Lamongan," ungkapnya.

Baca Juga: Pemkab Lamongan Bersinergi Realisasikan Tujuh Program BPN

Pihaknya juya mewajibkan ASN untuk memberikan zakat yang instruksi tersebut direalisasikan dengan cara memberikan 2,5 Persen gaji ASN Lamongan ke Baznas Kabupaten Lamongan.

Bantuan ini bertujuan menjaga persediaan ketahanan pangan masyarakat Lamongan. Terlebih anomali iklim saat ini berpotensi menyebabkan gagal panen dan lainnya.

"Bantuan ini bentuk antisipasi pemerintah, agar masyarakat tidak kekurangan pangan di musim kemarau panjang. Maka dari itu harap digunakan sebaik mungkin," kata Kaji Yes.

Baca Juga: 4 Pasar Lamongan Dapat Suntikan Dana Rehab hingga Rp 200 Juta

Ditambahkan, bahwa bantuan ini bukan bagian dari Bantuan Langsung Tunai (BLT). Melainkan murni program dari Pemerintah Kabupaten Lamongan bersama Bulog.

Pada kesempatan yang sama, ia menyerahkan bantuan pangan kepada 189 paket bantuan di Desa Kembangbahu, 732 paket bantuan di Desa Sukobendu, 143 paket bantuan di Desa Gempolmanis, dan 328 paket bantuan di Desa Ardirejo. Lm-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU