KPU Jatim Targetkan Coklit 31Juta Pemilih Pilkada Sampai 24 Juli 2024

author Riko Abdiono

- Pewarta

Rabu, 26 Jun 2024 01:54 WIB

KPU Jatim Targetkan Coklit 31Juta Pemilih Pilkada Sampai 24 Juli 2024

i

Komisioner KPU jatim menerima Penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

KPU Jatim Targetkan Coklit 31Juta Pemilih Pilkada Sampai 24 Juli 2024

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - KPU Jawa Timur baru saja menggelar Gebyar Coklit Serentak Satu Juta Pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024 di Provinsi Jawa Timur dilaksanakan di Hotel Majapahit Surabaya, Senin (24/6/2024) malam. Selanjutnya KPU Jatim bersama petugas Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (pantarlih) akan menargetkan pencocokan dan penelitian (Coklit0 terhadap 31 juta Pemilih di Seluruh Jawa Timur.  

Kegiatan tahapan Pilkada Serentak 2024 yang berlangsung meriah itu dihadiri seluruh komisioner KPU Jatim, perwakilan Bawaslu Jatim, Bakesbangpol Jatim, KPU Kabupaten/Kota dan perwakilan Pantarlih dari berbagai daerah di Jatim, serta perwakilan MURI.

Baca Juga: Belum Serahkan LHKPN, 11 Anggota Dewan Kota Mojokerto Terancam Gagal Dilantik

Ketua KPU Jatim, Aang Khunaifi dalam sambutannya saat Gebyar Coklit serentak mengatakan bahwa kegiatan tahapan pemutakhiran data pemilu yang biasa ini sengaja dibikin luar biasa  agar tahapan Pilkada Serentak 2024 tersosialisasi dengan baik ke seluruh masyarakat Jatim. “Sejak awal diluncurkan , sebanyak 116.962 Pantarlih se Jawa Timur telah dilantik. Secara serentak mereka mulai bekerja saat itu juga. Dari kalkulasi kami, jika 1 orang Pantarlih mencoklit 10 orang Pemilih, maka sehari ini sudah ada 1.169.620 orang Pemilih yang tercoklit. Dan Alhamdulillah, Museum Rekor Indonesia (MURI) menganggap kegiatan ini kegitan kolosal yang melibatkan penyelenggara se Jawa Timur, meliputi 7 Komisioner di tingkat provinsi, 190 Komisioner tingkat kabupaten/kota, 3.330 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), 25.482 Panitia Pemungutan Suara (PPS), serta 116.692 Pantarlih,” papar Aang, Senin 24/6/2024 malam.

 


Sesuai jadwal, lanjut Aang tahapan Coklit ini berlangsung selama sebulan tepatnya mulai tanggal 24 Juni hingga 24 Juli 2024. Sedangkan jumlah pemilih sesuai DP4 untuk Pilgub Jatim sekitar 31 juta pemilih.

“Petugas Pantarlih ini luar biasa, pagi tadi baru dilantik mereka langsung kerja dengan target satu juta pemilih di hari pertama. Saya optimis target tersebut terpenuhi sebab jika masing-masing Pantarlih yang berjumlah 116 ribu minimal melakukan coklit ke 10 orang, maka target itu akan terpenuhi,” tegas mantan komisioner Bawaslu Jatim ini.

Menurut Aang, tahapan Coklit ini sangat krusial karena menentukan tahapan-tahapan yang lain. Seperti soal jumlah TPS yang perlu disiapkan, maupun pola sosialisasi dan lain sebagainya. Oleh karenanya, hasil Coklit ini diharapkan menghasilkan data yang berkualitas,  akurat dan mutakhir.

Baca Juga: Pj Gubernur Jatim Minta Kepala Daerah Wujudkan Suasana Kondusif Pilkada Serentak

“Ada tugas tambahan bagi pantarlih yaitu memberikan pendidikan pemilih untuk seluruh warga di Jatim saat mendatangi pemilih dari rumah ke rumah,” harapnya.

Hingga pukul 21.00 WIB data coklit yang masuk tercatat sebanyak 1.107.000 pemilih, sehingga dianggap tercapai dan layak mendapatkan Rekor MURI atas capaian terbanyak Coklit di hari pertama.

 “Ini yang pertama saat launching tahapan Pilkada Serentak dengan keanekaragaman dan jumlah peserta terbanyak.  Kedua, saat gebyar coklit serentak satu juta pemilih,” ujar Awan Rahargo Direktur Marketing MURI.

Menurut Awan tahapan pemutakhiran daftar pemilih ini sangat penting, sebab jumlah penduduk Jatim sangat banyak dan wilayahnya luas.

Baca Juga: Relawan Prabowo-Gibran Satukan Dua Tokoh Selatan dan Utara, untuk Menangi Pertarungan Pilkada

“Coklit ini tujuannya untuk memperbaiki data pemilih dan bahan menyusun DPS maupun DPT, serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terlibat aktif dalam tahapan Pilkada Serentak di Jatim. Ini sesuai dengan tagline, Pilgub Jatim Seneng Bareng,” jelasnya.

KPU Jatim juga memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan kepada 25 petugas Partarlih asal Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto dan Pasuruan.

“InsyaAllah tahapan Coklit ini berjalan lancar sebab kendala seperti daerah daerah terpencil, Kepulauan maupun pemukiman mewah sudah difasilitasi pihak pihak terkait sehingga sesuai target yang diharapkan ” tambah Aang Khunaifi. rko

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU